Lumutan, Kolam Renang Lila Arsana Dikuras

picsart 05 03 06.25.20
DIKURAS - Air kolam renang Lila Arsana Klungkung yang telah berlumut dan dikuras, Senin (3/5/2021)

Semarapura, DENPOST.id

Setelah cukup lama tidak terawat, air kolam renang Lila Arsana Klungkung yang kondisinya sudah berlumut akhirnya dikuras, Senin (3/5/2021).

Pengurasan ini dilakukan, mengingat air kolam renang yang berlokasi di Jalan Gunung Rinjani, Kelurahan Semarapura Klod Kangin tersebut, tidak pernah dikuras sejak tahun 2008. Belum lagi sekarang Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Klungkung selaku pengelola tidak memiliki anggaran untuk merawat kolam yang telah banyak melahirkan perenang atau atlet andal tersebut.

Baca juga :  Kapal Roro Kembali Tak Beroperasi

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Klungkung, IB Ida Jumpung Gede Oka Wedhana mengatakan keputusan untuk melakukan pengurasan kolam Lila Arsana tersebut, didasari berbagai pertimbangan. Di samping karena tidak pernah dikuras sejak tahun 2008, dana pemeliharaan yang dianggarkan sekitar Rp30 juta pertahun tersebut, dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga pihaknya di Dinas Kebudayaan tidak bisa melakukan pengadaan obat-obatan yang dibutuhkan untuk pemeliharaan kolam.

“Mulanya kita sudah berupaya pertahankan air untuk pemutar mesin, tapi karena kolam tidak terpakai dan kena sinar matahari sehingga jadi lumutan airnya, jadi kita kuras,” ujar Jumpung, Senin (3/5/2021).

Baca juga :  Mesineb, Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur

Menurut Jumpung, setelah melakukan pengurasan, pihaknya kembali akan berkoordinasi dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Utamanya untuk membahas tindak lanjut “nasib” kolam yang dulunya bekas peninggalan Kerajaan Klungkung tersebut. Apakah akan dibiarkan sesuai dengan fungsinya saat ini, atau dialihkan sebagai tempat rekreasi. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini