PRATIMA PURA PASEK KAYU SELEM RAIB

0
8
PRATIMA PURA PASEK KAYU SELEM RAIB
CEK TKP - Petugas kepolisian sedang melakukan pengecekan di TKP, tempat hilangnya pratima milik Pura Dadia Pasek Kayu Selem di Banjar Penarukan, Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli. DENPOST.id/ist

Bangli, DENPOST.id

Benda suci/sakral (pratima) di Pura Dadia Pasek Kayu Selem, Banjar Penarukan, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli dilaporkan hilang, Senin (3/5/2021) sekitar pukul 07.30. Kuat dugaan pratima yang berbentuk keris lekuk lima itu sudah dicuri, sebab kondisi gembok gedong penyimpenan rusak akibat dicongkel.

Kapolres Bangli, AKBP I Gusti Agung Dhana Aryawan, mengungkapkan, pihaknya menerima laporan dari I Ketut Sulandra (42) selaku Jro Mangku Dadia Pasek Kayu Selem. Awalnya pelapor sedang bersih-bersih di areal pura karena akan berlangsung piodalan pada Selasa (4/5/2021). Saat itulah dirinya melihat kondisi gembok di meru tumpang siki sudah rusak tercongkel. “Setelah diperiksa di meru tumpang tiga, tempat penyimpenan pretima keris lekuk lima mengalami kerusakan di gemboknya dan kerisnya sudah tidak ada di sana,” ungkap Dhana, Selasa (4/5/2021).

Baca juga :  Identitas Aktor Video Porno Belum Ditemukan di Imigrasi

Mangku Sulandra lalu menghubungi dua pengengpon pura, I Nengah Ada (37) dan I Made Sueden (45) untuk bersama-sama melaporkan kejadian itu ke Polsek Tembuku pagi itu juga. Dari keterangan saksi, sekitar dua bulan sebelumnya yang bersangkutan sempat melihat pintu di meru tumpang siki agak terbuka. Namun sayangnya saat itu dirinya tak memiliki kecurigaan sehingga tak langsung melihat kondisi gedong secara dekat. “Dugaan kami kemungkinan dicurinya saat itu, tapi baru diketahui sekarang,” sebut Dhana.

Baca juga :  Berkeliaran di Pasar Senggol, Belasan Gepeng Diciduk Pol. PP Klungkung

Untuk nilai kerugian, pihak pelapor belum mengetahui secara pasti, sebab barang yang hilang merupakan barang sakral atau benda yang disucikan. Sementara pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini