Pemulihan Ekonomi di Triwulan I 2021 Bergerak Terbatas

Pemulihan Ekonomi di Triwulan I 2021 Bergerak Terbatas
DAGING AYAM - Pedagang daging ayam di Pasar Kidul, Bangli. DENPOST.id/ist

Sumerta, DENPOST.id

Meski berlangsung terbatas, gelagat perbaikan ekonomi Bali semakin nampak pada Triwulan I tahun 2021. Kondisi itu dipengaruhi masih tingginya angka Covid-19  yang menyebabkan pemerintah memberlakukan PPKM di Bali semenjak Januari 2021.

Bank Indonesia Provinsi Bali melihat perbaikan ekonomi itu seiring dengan pelaksanaan program vaksinasi yang berjalan sesuai jalur, mendorong keberlanjutan perbaikan ekonomi di Provinsi Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho, mengatakan, pada triwulan I 2021 kembali melanjutkan tren perbaikan meskipun masih mengalami kontraksi.  “Kontraksi perekonomian merupakan pengaruh based effect di mana pada bulan Januari dan Februari 2020 kondisi pariwisata masih relatif normal. Namun demikian, kontraksi pertumbuhan ekonomi melandai dari -12,21% (yoy) pada triwulan IV 2020 menjadi -9,85% (yoy) pada triwulan I 2021,” terangnya dalam siaran pers, Rabu (5/5/2021).

Dari sisi pengeluaran, melandainya kontraksi terutama bersumber dari membaiknya kinerja investasi seperti konsumsi rumah tangga, serta ekspor dan impor. Sementara itu, konsumsi pemerintah masih tertahan oleh kendala teknis, yakni penerapan sistem baru dalam pelaporan realisasi anggaran di daerah.

Baca juga :  Pemilik SS Cair Asal Chili Disidang, Sodorkan Bukti Surat Keterangan Gangguan Jiwa

Dari 17 lapangan usaha (LU), 2 di antaranya tercatat tumbuh positif, yakni Informasi dan Komunikasi (4,99 persen yoy) dan Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial (0,31% persen yoy). Pertumbuhan positif sektor informasi  dan komunikasi tidak terlepas dari perkembangan digitalisasi di masa pandemi.

Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan kinerja jasa kesehatan juga tumbuh positif seiring dengan implementasi vaksinasi, di mana realisasi vaksin di Bali tercatat paling tinggi di Indonesia.

Baca juga :  Kali Pertama Gelar Pertemuan di Bali, KPK, BNN dan BNPT Bahas Masalah ini

Kontraksi sektor konstruksi juga melandai seiring dengan berlanjutnya proyek pemerintah dan swasta yang sempat tertunda pada tahun sebelumnya. Pertumbuhan positif diperkirakan akan dimulai pada triwulan II 2021 sehingga secara keseluruhan tahun 2021 perekonomian diperkirakan tumbuh positif. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini