Pelabuhan Padang Bai Mulai Berlakukan GeNose

picsart 05 06 05.50.08
TES GENOSE - Penumpang di Pelabuhan Padang Bai, bisa dites GeNose.

Amlapura, DENPOST.id

Pelabuhan Padang Bai, di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem mulai menerima tes GeNose. Pemberlakuan ini baru dimulai, Kamis (6/5/2021).

Diberlakukan di hari pertama larangan mudik, alat pertama digunakan 15 Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kebetulan menyeberang menuju Lombok.

Hal tersebut, diungkapkan Kepala Kesehatan Pelabuhan Padang Bai, Putu Suadnyana. “Kami menerima satu alat kemarin malam. Langsung kamu uji coba jam 1 malam sampai pagi dan sudah dioperasikan mulai hari ini, ” ungkapnya.

Dalam proses tes menggunakan GeNose, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya sebaiknya puasa dua jam sebelumnya, tidak merokok, serta tidak makan yang berbau tajam. “Alatnya cukup sensitif. Jadi akan berpengaruh terhadap hasil, ” imbuhnya.

Baca juga :  Pol PP Kembali Garuk Gepeng yang Ajak Bayi Enam Bulan Mengemis

Terkait kondisi itu, dalam hasil tes GeNose pihaknya tetap memperhatikan gejala. Apakah orang yang dites memiliki gejala flu, demam atau batuk. “Jadi hasil tes kita kaitkan dengan gejalanya juga. Walau sebenarnya dalam kondisi sakit tidak boleh menyeberang, ” ungkapnya.

Sementara Manager Usaha ASDP Padang Bai, Djunaedi menuturkan calon penumpang yang ingin tes GeNose dikenakan tarif Rp40 ribu. “Walau begitu, kami masih melayani Rapid Antigen juga. Jadi bisa dipilih salah satu, ” pungkasnya. (yun)

Baca juga :  Curi Motor di Dentim, Residivis Ditangkap di Padangbai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini