Diminta Putar Balik, Pemudik Malah Bertahan di Cekik

picsart 05 09 03.48.14
TRAVEL DIPERIKSA - Mobil travel yang diperiksa di pos penyekatan Cekik, Gilimanuk.

Negara, DENPOST.id

Ada-ada saja yang dilakukan pemudik untuk mengelabui petugas, sehingga lolos dari penyekatan. Salah satu cara yang dilakukan pemudik, yakni dengan bertahan di pos penyekatan di Cekik.

Dari informasi, Sabtu (8/5/2021) malam, ada pemudik yang menggunakan sepeda motor akan mudik, dengan alasan mengantar anaknya ke Solo dan dibalikkan petugas. Namun, pemudik yang diminta putar balik tersebut, malah bertahan dan menginap selama dua hari di Cekik. Pemudik tersebut, menunggu petugas jaga lengah dengan maksud bisa mengibuli petugas di pos penyekatan.

Baca juga :  Revisi RUU Provinsi Bali Banyak Peroleh Dukungan Pusat

Kanit Lantas Polsek Melaya, I Nyoman Yasa dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Sepertinya mereka tidak tahu kalau di Pelabuhan Gilimanuk lebih ketat. Pemeriksaan bukan hanya di pos penyekatan. Jangan coba-coba mengelabui kami,” kata Nyoman Yasa.

Modus lainnya yang dilakukan, yakni dengan alasan makan di Gilimanuk. “Mereka datang dari Denpasar. Karena kami curigai akan mudik, kami periksa surat-suratnya dan tahan. Sehingga mereka tidak bisa nyeberang ke Pelabuhan Ketapang,” kata Yasa.

Baca juga :  Pemeriksaan Penumpang di Pos KTP Gilimanuk Diperketat

Dari pengamatan pada Sabtu malam, pemudik sangat sepi. Hanya terlihat angkutan logistik. Demikian juga ada
satu mobil pribadi dan dua sepeda motor yang dibalikkan petugas Pos Pam Penyekatan Cekik. Menjelang tengah malam, ada satu unit travel diberhentikan di pos penyekatan Cekik. Travel tersebut, rencana akan menyeberang ke Jawa, dengan tujuan mengantar rombongan perusahan menggarap proyek di Surabaya. Setelah dicek surat kesehatan, surat izin dari perusahaan dan desa, travel tersebut diizinkan menyeberang.

Baca juga :  Diprotes, Manajemen Pabrik Pengolahan Serabut Kelapa Dipertemukan Warga

Kapolres Jembrana, AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, mengakui pemudik sangat sepi. Namun, ada beberapa kendaraan kecil, yakni sepeda motor yang lewat dan sudah dilengkapi surat keterangan sesuai dengan Surat Edaran No. 13 Tahun 2021. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini