Senderan Perumahan Ambrol, Timbun Saluran Irigasi

picsart 05 09 04.40.29
TIMBUN IRIGASI - Senderan tebing rencana pembangunan perumahaan di Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, ambrol menimbun saluran irigasi.

Gianyar, DENPOST.id

Senderan tebing rencana pembangunan perumahan di Desa Tulikup, Kecamatan/Kabupaten Gianyar perbatasan Gianyar-Klungkung ambrol. Senderan dengan ketinggian 10 meter, dengan panjang sekitar 20 meter ambrol menimbun saluran irigasi Subak Masceti, Desa Tulikup.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, karena kebetulan saat kejadian tidak ada buruh yang bekerja. Hanya saja, pihak petani Subak Masceti kekeringan karena air subak tidak bisa mengalir. Atas kejadian itu, Perbekel Desa Tulikup, aparat Desa Tulikup, TNI, Polri dan kelian pekaseh turun mengecek langsung ke lokasi.

Baca juga :  Lima Tersangka Pemerkosaan Terancam 12 Tahun Penjara

Kepala Desa Tulikup, I Made Ardika, Minggu (9/5/2021) mengatakan dirinya bersama Babinkantibmas dan Babinsa, Kelian Subak Masceti dah tokoh masyarakat Desa Tulikup sudah mengecek secara langsung ke lapangan. Dari hasil pengecekan di lapangan, ditemukan longsoran menimbun saluran irigasi Subak Mascetin sehingga air tidak bisa mengalir.

Pihaknya juga menemukan senderan aliran air subak Masceti mengalami keretakan akibat dari pembuatan senderan.
Perbekel Tulikup menyoroti, pihak pengembang membuat senderan dengan mencaplok sempadan saluran irigasi. ”Pembangunan senderan mepet dengan saluran irigasi dan tidak ada sempadan, sehingga menimbulkan beton saluran irigasi pecah,” kata Perbekel Tulikup.

Baca juga :  SMAN 7 Denpasar terapkan Pembelajaran Efektif Saat Pandemi

Untuk itu, pihaknya berharap agar pengembang mau mengubah senderan dengan mundur beberapa meter dari aliran sungai. Bila tidak, dikhawatirkan dikemudian hari kembali terjadi longsoran. Sebab, saluran air subak selain untuk pertanian, juga untuk tambak ikan dan juga tempat itu untuk mandi.

Terhadap kasus ini, Perbekel Desa Tulikup mengaku akan memanggil pengembang untuk bertemu di Kantor Desa Tulikup dalam pertemuan yang aka dihadiri kelian dinas, Kelian Subak Masceti dan tokoh masyarakat. Pertemuan tersebut rencananya akan digelar, Senin (10/5/2021). (116)

Baca juga :  Lima Pejabat Polres Gianyar Dimutasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini