11 DESA DI KLUNGKUNG MASUK ZONA MERAH RABIES

11 DESA DI KLUNGKUNG MASUK ZONA MERAH RABIES
VAKSINASI ANJING - Petugas melakukan vaksinasi anjing milik warga di Lingkungan Pegending, Kelurahan Semarapura Kauh, Senin (10/5/2021). DENPOST.id/dok

Semarapura, DENPOST.id

Tingginya angka gigitan anjing yang terpapar rabies di Klungkung, membuat sejumlah wilayah masuk zona merah rabies. Bahkan, Kadis Pertanian Klungkung, IB Juanida, mengungkapkan, ada 11 Desa di Klungkung daratan yang masuk kedalam zona merah rabies. 11 wilayah tersebut yakni Semarapura Kauh, Desa Kamasan, Selisihan, Manduang, Dawan Kaler, Dawan Klod, Besan, Pesinggahan, Takmung, Tihingan dan Desa Nyalian.

“Kalau untuk Nusa Penida, sejak tahun 2017 tidak ada kasus. Di samping karena daerahnya terisolir dan kita juga di pelabuhan tempatkan petugas untuk mengawasi keluar-masuknya anjing ke sana,” terangnya, di sela memantau pelaknsaan vaksinasi anjing di Lingkungan Pegending, kelurahan Semarapura Kauh,” Senin (10/5/2021).

Baca juga :  Tanggapi Babi Mati di Dausa, Ini yang Dilakukan Dinas PKP

Terkait vaksinasi di Pegending, petugas dari Dinas Pertanian Klungkung yang membidangi Kesehatan dan Hewan diterjunkan menyusul ada 16 warga setempat yang digigit anjing secara beruntun. “Sebenarnya di sini (Pegending) jadwal vaksinnya tanggal 21 Mei. Tapi karena ada warga yang digigit anjing maka pelaksanaan vaksinasi dilakukan emergency,” kata Juanida.

Menurut IB Juanida, kasus gigitan anjing yang terjadi di Pegending merupakan kasus yang ke-7 sejak awal tahun 2021. Sebelumnya, sempat terjadi di Desa Tihingan, Takmung, dan Desa Sampalan.

Baca juga :  Bongkar Kotak Sesari di Pura Ratu Pasek Pundukdawa, Mustika Diamuk Warga

Tak sedikit warga di lingkungan setempat yang mengeluarkan anjingnya untuk divaksin di sebelah timur Banjar Pegending. Mereka merasa khawatir karena anjing yang menggigit warga tertular rabies. Apalagi Kelurahan Semarapura Kauh masuk dalam zona merah anjing rabies.

“Anjing yang mengigit warga kemarin keliling sampai ke Sangkanbuana. Kemungkinan tidak hanya warga di Pegending saja yang digigit, jadi sekarang masih dilakukan pendataan,” ujar Kaling Pegending, Nengah Sudira. (119)

Baca juga :  Belum 24 Jam, Petisi Bebaskan Jerinx Tembus 35 Ribu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini