JFPP Berlanjut, Doni Monardo Minta Seluruh Komponen Bekerja Keras

JFPP Berlanjut, Doni Monardo Minta Seluruh Komponen Bekerja Keras
BRIEFING - Briefing Peserta FJPP Angkatan 3/2021 yang berlangsung secara virtual, Senin (10/5/2021).

Denpasar, DENPOST.id

Program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP)  Kerjasama  Satgas Penanganan Covid-19 dan Dewan Pers dilanjutkan. Ribuan jurnalis yang menjadi peserta program ini diharapkan bersinergi dengan Satgas Penanganan Covid-19 untuk menyampaikan sosialisasi dan literasi berkaitan dengan pencegahan Covid-19 dan vaksinasi Covid-19. Hal itu disampaikan Ketua Satgas Covid-19, Doni Monardo, saat menyampaikan pemaparan dalam Briefing Peserta FJPP Angkatan 3/2021 yang berlangsung secara virtual, Senin (10/5/2021).

Baca juga :  Masuk Tonja Wajib Pakai Masker

Dikatakan Doni, dalam memerangi Covid-19, 63 persen keberhasilan sosialisasi sangat dipengaruhi media baik itu  media sosial maupun media-media arus utama (mainstream). “Kawan-kawan saya sampaikan selamat telah diberikan kesempatan untuk bersama-sama menghadapi Covid-19 ini,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, tren kasus aktif selama dua bulan ini relatif melandai. Seperti di Pulau Jawa, rata-rata sudah landai dengan posisi kasus di bawah 40 persen. “Apakah ini bisa bertahan? Jawabannya, butuh kerja keras, butuh kerjasama. Seluruh komponen bangsa harus bekerja. Harus Cerewet mengingatkan,” ajaknya.

Terkait narasi larangan mudik, Doni memohon masyarakat bersabar. “Karena jika meningkat lagi, biasanya akan diikuti angka kematian yang tinggi. Dampaknya, tenaga kesehatan pun menjadi korban. Bagaimana sekarang tugas kita sekarang untuk mengurangi niat untuk mudik. Seluruh komponen bangsa harus bekerja,” tegasnya lagi.

Baca juga :  Merah-Kuning Bingungkan Pengendara di’’Traffic Light’’ Tohpati

Membatasi gerak orang dalam kondisi pandemi ini menurut Doni adalah sangat penting agar tidak terjadi seperti di India. Karenanya kegiatan berkaitan keagamaan dan budaya seperti aktivitas mudik dibatasi pemerintah. “Peserta FJPP harus mampu menggugah kesadaran masyarakat untuk tidak mudik. Tidak apa-apa dianggap cerewet, biar saja, tapi ini akan bisa mengurangi Covid-19 yang berderet-deret,” ujarnya. (111)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini