SMP Negeri Siapkan Kuota 20 Persen bagi SiswaTerdampak Covid-19, Ini Syaratnya

SMP Negeri Siapkan Kuota 20 Persen bagi SiswaTerdampak Covid-19, Ini Syaratnya
Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Wijaya Asmara

Dangri Kangin, DENPOST.id

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Denpasar pada jenjang SMP Negeri akan dimulai 18 Juni 2021. Khusus untuk siswa yang orangtuanya terdampak Covid-19, diberikan kuota sebanyak 20 persen dari masing-masing SMP Negeri yang ada di Kota Denpasar.

Plt. Kadisdikpora Kota Denpasar, AA Wijaya Asmara, Selasa (11/5/2021) mengatakan, untuk tahun 2021 ini memang disediakan kuota bagi siswa yang orangtuanya terdampak Covid-19. Khusus untuk kuota ini, lanjut Wijaya Asmara, kriterianya yakni orangtua siswa terkena dampak Covid-19, seperti terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). “Sebanyak 20 persen siswa yang orangtuanya terkena dampak Covid-19, yaitu kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bisa diterima di SMP Negeri di Denpasar,” terangnya.

Baca juga :  Larangan Mengonsumi Mikol Dinilai Tak Cocok di Bali

Dicontohkannya, jika satu SMP Negeri di Denpasar mencari 200 siswa maka sebanyak 20 persen atau 40 siswa yang orangtuanya terkena dampak Covid-19 diterima di sekolah itu. “Untuk siswa yang orangtuanya terkena dampak Covid-19, yaitu di-PHK harus menyetorkan surat PHK dari perusahaannya untuk disahkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sertifikasi Kompetensi Kota Denpasar. Pengesahan surat PHK inilah yang dipakai nantinya untuk kriteria terdampak Covid-19 di SMP Negeri,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan PPDB tahun 2021, masih sama dengan tahun 2020, dengan menggunakan sistem online. Pendaftaran dibagi ke dalam empat kategori, yakni jalur prestasi, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur afirmasi, dan jalur zonasi.

Baca juga :  Di Tengah Pendemi, Puluhan Korban Kebakaran Masih Mengungsi

“Khusus untuk jalur zonasi ini dibagi ke dalam dua kategori, yaitu kategori umum dan kategori terdampak Covid-19,” ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, jadwal pendaftaran jalur prestasi dimulai pada 18 sampai 23 Juni 2021. Jalur perpindahan orangtua dimulai pada 26 sampai 29 Juni 2021. Jalur afirmasi dilaksanakan pada 26 sampai 29 Juni 2021. Sedangkan jalur zonasi, baik umum maupun dampak Covid-19, dilakukan pada 26 sampai 29 Juni 2021. (112/111)

Baca juga :  Tak Hanya Mengeroyok, Pelaku Juga Diduga Hendak Rampas Motor Korban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini