253 Napi di Bangli Terima Remisi Idul Fitri

picsart 05 14 10.46.03
SK REMISI - Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapastik Bangli, saat penerimaan SK remisi Idul Fitri, dari Kepala Lapastik Agus Prititano.

Bangli, DENPOST.id

Sebanyak 253 orang narapidana (napi) di Kabupaten Bangli, menerima remisi khusus berkaitan dengan Idul Fitri 1442 Hijriah. Rinciannya, 210 napi di Lapas Narkotika (Lapastik) Kelas II-A Bangli, dan 43 napi sisanya dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II B Bangli.

Mereka menerima masa pengurangan tahanan itu, dengan nilai pengurangan masa tahanan bervariasi. Mulai dari 15 hari sampai 2 bulan.

Humas Kemenkumhan Bali, Putu Surya Dharma mengatakan, proses penyerahan keputusan itu, tidak dilakukan dalam serimonial sebagaimana sebelum-sebelumnya. Namun, hanya lewat daftar nama penerimanya yang ditempel di setiap ruang tahanan.

Hal ini, lanjut dia, untuk mengikuti protokol penanganan virus korona, dan sesuai edaran dari Dirjen Pemasyarakatan, Kemenkumham RI.

Baca juga :  Tenganan Pegringsingan Jadi Terbaik Pertama Trisakti Tourism Award 2021

Dijelaskan Surya Dharma, penerima remisi khusus ini, yakni hasil usulan ke Pemerintah Pusat. Di mana, untuk dari Lapastik jumlah napi yang diusulkan ke pusat sebanyak 210 orang. Sedangkan napi WNA yang mendapat pengurangan masa tahanan ada empat orang, yakni Azis Ozan Atayoglu asal Turki, Aliff Affan, Amirul Afiq dan Mohd Husaini dari Malaysia. “Baik Lapastik maupun rutan tak ada napi yang langsung bebas dari pemberian remisi ini,” kata Surya, Jumat (14/5/2021).

Baca juga :  Kapolres Bangli Pimpin Pendistribusian 200 Paket Sembako di Empat Kecamatan

Sebelum menerima SK remisi tersebut, semua napi melaksanakan Sholad Id.
Penyerahan remisi khusus hari raya Idul Fitri, kepada warga binaan prmasyarakatan (WBP) yang beragama Islam itu juga dilaksanakan dengan menempelkan SK remisi di papan pengumuman. Sementara pemberian SK remisi secara langsung juga diberikan secara perwakilan. (128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini