Pengembang Janji Tuntaskan Pembersihkan Saluran Irigasi Tertutup Longsor

picsart 05 14 04.58.46
BERSIHKAN SALURAN - Pekerja membersihkan saluran irigasi Subak Masceti, Desa Tulikup, Gianyar yang tertimbun senderan tebing perumahaan yang ambrol.

Gianyar, DENPOST.id

Tuntutan krama Subak Masceti, Desa Tulikup, Kecamatan/Kabupaten Gianyar tentang saluran irigasi tertimbun senderan tebing pembangunan perumahan ditangani serius pengembang. Pemborong Perumahan Tulikup, Ngakan Putu Alit Suarsana, Jumat (14/5/2021) mengatakan akan segera menuntaskan pembersihan saluran irigasi yang sebelumnya tertutup tanah dan material senderan longsor.

Ngakan Putu Alit mengatakan sesuai kesepakatan di Kantor Desa Tulikup, saluran irigasi yang macet segera ditangani pihak pengembang. “Dalam upaya menormalkan kembali air irigasi di Subak Manceti yang sebelumnya tertutup longsoran tanah dan material senderan yang jebol,” katanya.

Baca juga :  Grand Zuri Kuta Bali Hotel Buka Bukber Menu Ramadhan Kareem Cita Rasa Nusantara

Ngakan Putu Alit menjelaskan untuk membersihkan material longsor tenaga kerja dioptimalkan 24 jam untuk membersihkan material longsor. Tenaga kerja bekerja secara penuh untuk mencapai target pengembalian fungsi irigasi Subak Masceti, yang sebelumnya sempat tidak mengalir akibat tertutup longsoran.

Dikatakan dia, endapan tanah longsoran sudah mulai diangkat. Material senderan yang menutupi saluran irigasi juga dibersihkan. Semua tenaga difokuskan untuk bekerja di bawah membersihkan material longsoran. Ini dengan harapan 100 persen material longsor sudah dibersihkan dan air sungai kembali mengalir secara normal ke Subak Masceti.

Baca juga :  Pemkab Gianyar Pastikan Pelaksanaan Pilkel Serentak Berjalan Lancar

Ngakan Putu Alit mengakui alat berat di atas sudah mengeruk tanah bisa bekerja memperbaikan senderan. Pengembang memastikan tidak akan membongkar pondasi senderan. “Ini sudah disampaikan pengembang kepada krama subak saat mediasi di Kantor Desa Tulikup,” katanya.

Dari ketinggian senderan saat ini, pengembang akan membongkar setengah. Selanjutnya mundur sekitar 30 sami 40 cm akan dibuatkan tanggul penahan tanah disesuaikan dengan kebutuhan kontruksi.

Baca juga :  Perbekel dan Kelian Dinas Tertangkap OTT

Ngakan Putu Alit Suarsana, menegaskan senderan akan difungsikan menjadi pegasting dari pondasi. Selanjutnya akan dibuatkan beton yang baru sebagai tanggul penahan tanah. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini