Enam Sekolah Baru Siap Dioperasikan, Pemerintah Jamin Tak Ada Lulusan SMP Tercecer

Enam Sekolah Baru Siap Dioperasikan, Pemerintah Jamin Tak Ada Lulusan SMP Tercecer
JUMPA MEDIA - Kepala Disdikpora Provinsi Bali, I Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa (kanan) dalam jumpa media, Rabu (19/5/2021).

Sumerta, DENPOST.id

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, I Ketut Ngurah Boy Jaya Wibawa menjamin fenomena lulusan SMP tercecer tak akan terjadi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022. Jaminan itu didasari kapasitas daya tampung SMK/ SMA negeri maupun swasta telah cukup. Dia menyebut jumlah daya tampung SMA-SMK negeri dan swasta di Provinsi Bali sebanyak 78.934, sedangkan jumlah lulusan SMP di Provinsi Bali sebanyak 61.436 siswa, sehingga terdapat kelebihan daya tampung sebanyak 17.498.

Baca juga :  Orang Linglung di Sumerta Diamankan

“Pada Tahun 2021 juga akan dibuka 6 (enam) unit sekolah baru SMA/ SMK yang mulai tahun ini,” ujarnya saat jumpa media pada Rabu (19/5/2021) siang di Kantor Disdikpora, Denpasar.

Sekolah baru itu meliputi SMA Negeri 11 Denpasar di Kecamatan Denpasar Barat, SMA Negeri 2 Kuta Utara di Kecamatan Kuta Utara, SMA Negeri 3 Negara di Kecamatan Negara, SMA Negeri 2 Gianyar di Kecamatan Gianyar, SMA Negeri 2 Sukawati di Kecamatan Sukawati dan SMK Negeri 6 Denpasar di Kecamatan Denpasar Timur.

Dia merangkan, keenam sekolah itu telah siap menjalankan pembelajaran jarak jauh maupun pembelajaran tatap muka. “Sesuai arahan Gubenur, keenam sekolah ini harus mampu melaksanakan tahapan penerimaan siswa, seperti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), baik daring maupun tatap muka,” terang Boy.

Baca juga :  Ribuan Pekerja Dinonaktifkan Jadi Peserta BPJS Kesehatan

Dia menambahkan, pendaftaran PPDB SMA/SMK akan dilaksanakan dalam tiga tahap, yakni tahap I tanggal 14 Juni sampai dengan 16 Juni 2021. Pendaftaran ini dapat dilakukan dengan jalur afirmasi, jalur inklusi dan jalur sertifikat prestasi.

Tahap II digelar tanggal 21 Juni sampai dengan 23 Juni 2021 dengan jalur zonasi dan jalur sekolah dengan perjanjian. Tahap III yang digelar tanggal 28 Juni sampai 30 Juni 2021, hanya dengan jalur ranking nilai rapor. Sedangkan daftar ulang bagi peserta didik yang dinyatakan lulus dilakukan tanggal 5 Juli sampai dengan 7 Juli 2021. (106)

Baca juga :  Langgar Prokes, Puluhan Warga Dijaring Tim Yusisi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini