Rusak Ringan dan Berat, Infrastruktur di Nusa Penida Belum Tertangani

picsart 05 20 06.08.10
JALAN DITANGANI - Salah satu ruas jalan di Sekartaji, Nusa Penida, Klungkung yang sudah ditangani tahun 2021.

Semarapura, DENPOST.id

Pandemi Covid-19, tidak hanya berdampak terhadap sektor pariwisata di Nusa Penida, Klungkung, namun juga pembangunan infrastruktur jalan. Sampai saat ini, masih ada sembilan ruas jalan yang menjadi kewenangan Kabupaten Klungkung di Nusa Penida yang belum tertangani.

Padahal kondisi jalan yang belum tertangani ini, kondisinya ada yang rusak ringan sampai berat.

Kabid Bina Marga Dinas PU, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Klungkung, I Gede Merta Jaya ketika dikonfirmasi mengakui masih ada sembilan ruas jalan di Kecamatan Nusa Penida yang belum tertangani. Kesembilan ruas jalan tersebut, yakni ruas jalan Desa Batukandik-Guyangan, Behu-Desa Bungamekar, sisa ruas jalan Kutapang-Maos (Desa Batununggul), Mentigi-Geria Tengah, ruas jalan Penagkidan-Pasih Uug, ruas jalan Jurang Batu, Desa Pejukutan-Gepuh, pertigaan Banjar Bingin-Desa Batukandik, dan Paku-Pertigaan Banjar Bingin.

“Semua ruas jalan yang belum tertangani itu, kondisinya ada yang rusak ringan, sedang sampai rusak berat,” ujar Merta Jaya.

Baca juga :  Kabur dari Perawatan RS, Pasien Positif Covid-19 Gasak Motor Pasien

Sementara penanganan infrastruktur jalan di Klungkung dalam setahun terakhir juga terkendala refocusing anggaran. Tahun 2020, Dinas PU hanya menerima satu paket pengerjaan jalan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Jalan yang ditangani merupakan ruas jalan Desa Tanglad dan Wates sepanjang 2 kilometer, dengan nilai mencapai Rp2,9 miliar.

Sementara untuk tahun 2021, Klungkung juga hanya mendapat empat paket pekerjaan yang didanai dari APBN. Semua ruas jalan yang ditangani tahun 2021, ada di Kecamatan Nusa Penida, yakni kelanjutan peningkatan ruas jalan Ketapang-Maos dengan nilai kontrak Rp1,6 miliar dan memiliki panjang pekerjaan satu kilometer dari total panjang jalan dua kilometer. “Pengerjaan ruas jalan Ketapang-Maos sudah selesai seratus persen,” ungkap Merta Jaya. (119)

Baca juga :  Pelajar SMA Ditahan Gara-gara Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini