Tidak Ingin Terpuruk di Tengah Pandemi, PKK Desa Batununggul Garap Dupa

picsart 05 23 04.54.20
KEMAS DUPA - Ibu-ibu PKK di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung saat mengemas dupa.

Semarapura, DENPOST.id

Terpuruknya sektor pariwisata lantaran pandemi Covid-19, tak lantas membuat warga di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung berputus asa. Sebaliknya, saat ini ibu-ibu PKK di desa tersebut, justru sedang merintis usaha baru, yakni membuat dupa.

Sejauh ini, dupa celup produksi ibu-ibu kreatif di Batununggul tersebut cukup diminati. Namun, mereka berharap bisa memperluas pemasaran dengan menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di Kecamatan Nusa Penida.

Baca juga :  Pura Dalem Agung Getakan Terbakar

Harapan tersebut, diungkapkan oleh Perbekel Batununggul, Ketut Sulatra. Disampaikan dia, usaha pembuatan dupa ini sangat potensial untuk dikembangkan. Mengingat selama ini kebutuhan dupa di Nusa Penida, khususnya di Desa Batununggul masih mengandalkan pasokan dari Klungkung daratan.

Apalagi peluang pasar juga cukup tinggi, dupa selalu dibutuhkan oleh warga terutama umat Hindu, di Nusa Penida untuk kebutuhan upacara keagamaan. “Dipilihnya dupa sebagai program pemberdayaan tiada lain adalah kebutuhan dasar masyarakat selain sembako. Dupa potensinya sangat besar, selama ini Nusa Penida, khususnya Desa Batununggul masih mengandalkan pasokan dupa dari Bali daratan,” ujar Sulatra belum lama ini.

Baca juga :  Pantai Crystal Bay Dipenuhi Sampah Kiriman

Menurut Sulatra, untuk merealisasikan peluang tersebut, pihaknya telah mengadakan pelatihan pembuatan dupa sebanyak dua kali. Bahkan respon masyarakat terhadap produk yang dihasilkan anggota PKK Desa Batununggul dinilai sangat baik. Dupa celup untuk ukuran satu kilo dihargai Rp30 ribu berlaku pada semua aroma, sementara untuk yang herbal dihargai Rp32 ribu.

“Produksi bulan lalu sudah terjual habis. Jadi saya berharap produksi dapat ditingkatkan untuk merambah pasar yang lebih luas,” ujarnya. (119)

Baca juga :  Sempat Membuat Resah Ortu, Empat Orang Pembagi Kue dan Permen Diamankan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini