Bangkitkan Kreativitas Lewat Berbagai Lomba Bulan Bung Karno

picsart 06 01 04.05.26
BULAN BUNG KARNO - Jajaran Forkopinda dan pejabat di Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem, resmi meluncurkan peringatan Bulan Bung Karno.

Amlapura, DENPOST.id

Dilaksanakan pertama kalinya di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Karangasem, Selasa (1/6/2021) resmi meluncurkan pelaksanaan Bulan Bung Karno. Peluncuran dilaksanakan Bupati Karangasem, I Gede Dana, di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

Dalam pelaksanaannya akan disingkronkan dengan HUT ke-381 Kota Amlapura. Berbagai kegiatan perlombaan akan dilaksanakan. Salah satunya perlombaan bernuansa kebudayaan lokal, serta penerapan protokol kesehatan (prokes) dalam memerangi Covid-19.

Ketua panitia, I Ketut Sedana Merta, di hari pertama pelaksanan telah digelar apel pelaksanaan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual. Meski dilaksanakan terbatas di tengah pandemi, namun tak mengurangi esensi dalam peringatan.

Menyusul, berbagai rangkaian kegiatan siap diselenggarakan. Di antaranya, pelaksanaan pameran dan pasar gotong royong, pelaksanaan donor darah, serta beberapa lomba seperti lomba Pidato Bung Karno tingkat SMP se-Kabupaten Karangasem, dan lomba foto dengan tema Kotaku Tingkat PAUD dan TK. 

Baca juga :  Diduga Korsleting Listrik, Tujuh Warung Rakyat di Pantai Melasti Ludes Terbakar

Istimewa di tengah pandemi, kali ini Pemkab Karangasem menggelar lomba Sekolah Nadi dan Prokes Pertemuan Tatap Muka di masa pandemi Covid-19 tingkat SD. Selain itu, diselenggarakan pula lomba Foto Tempat Bersejarah di Kabupaten Karangasem, lomba Kebersihan Kantor, lomba Kerajinan Pembuatan Minuman Tradisional, lomba Busana Adat Endek Tradisional Kepala OPD dan berbagai kegiatan lainnya.

“Pemerintah Provinsi Bali, dalam hal ini juga ikut mengkoordinir beberapa kegiatan lomba. Seperti lomba vlog penerapan prokes Covis-19, dalam pelaksanaan upacara Panca Yadnya. Pesertanya adalah desa adat. Lalu lomba vlog UMKM, IKM, dan ekonomi kreatif Bali Bangkit Mesari. Pesertanya berasal dari UMKM/IKM dan masyarakat umum, ” ungkap Sedana, yang juga menjabat sebagai Sekda Karangasem ini.

Baca juga :  Bertambah Dua Positif dari Penularan Pasien Asal Padangkerta

Sementara Bupati Karangasem, I Gede Dana, menambahkan Bulan Bung Karno diselenggarakan sebagai komitmen dan upaya mewujudkan ajaran Trisakti Bung Karno. Pemkab Karangasem mendukung Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2019 tentang Peringatan Bulan Bung Karno, dengan mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 24 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Kabupaten Karangasem.

Penyelenggaraan Bulan Bung Karno Tahun 2021, merupakan perayaan ketiga kalinya oleh Pemprov Bali, dan pertama kalinya oleh Pemkab Karangasem. Bulan Bung Karno di Karangasem dilaksanakan secara sederhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19. (yun)

Baca juga :  Tiga Pekan PPKM, Ratusan Usaha Non-Esensial Ditutup

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini