Kunjungan ke Kafe Kedonganan Turun 90 Persen, Beberapa Nekat Buka untuk Ini

picsart 06 01 06.13.08
SEPI PENGUNJUNG - Suasana Kafe Pantai Kedonganan, yang masih sepi pengunjung.

Kuta, DENPOST.id

Pantai Kedonganan sudah dikenal bahkan telah menjadi pilihan wisatawan yang ingin menikmati wisata kuliner lewat cafe ikan bakarnya. Bahkan saat normal sebelum pandemi, tidak kurang dari 2.500 penggemar seafood setiap malam menikmati santap malam diiringi deburan ombak dan senja matahari terbenam.

Namun begitu pandemi melanda, kunjungan ke kawasan Cafe Kedonganan turun drastis. Hanya beberapa cafe berusaha buka dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat untuk bertahan hidup. Saat ini, tidak lebih dari sepuluh persen dari kapasitas cafe yang terisi tamu.

Baca juga :  Wujudkan Destinasi Hijau Ramah Lingkungan dengan Prokes, Penglipuran Village Festival Digelar Kembali

Hal itu, diungkapkan Bendesa Adat Kedonganan, Wayan Mertha, saat diminta komentarnya akan kondisi kunjungan ke wisata kuliner Kedonganan, Selasa (1/6/2021).
Dipaparkan dia, hanya di saat weekend sedikit ada peningkatan, di mana kafe yang terisi sekitar 20 sampai 25 persen. “Dalam kondisi normal sebelum Covid-19, rata-rata tamu yang makan di masing-masing cafe sekitar 300 orang. Jadi, penurunannya 90 persen lebih termasuk pendapatan cafe juga terjun bebas. Tinggal sekitar 10 sampai 20 persen dari kondisi normal,” kata Mertha.

Mertha menambahkan, saat ini semua cafe yang beroperasi hanya bertahan untuk hidup (survival), daripada tidak ada kegiatan sama sekali.

Baca juga :  Warga Binaan Rutan Gianyar Dibekali Wawasan Kebangsaan

Melihat kondisi ini, pihaknya sangat berharap bantuan promosi yang dilakukan pemerintah, khususnya bagi kawasan seafood Kedonganan agar mendapat perhatian. Harapannya, berbagai pertemuan, seperti kegiatan meeting, incentive, Convention, Exhibition (MICE) di Bali, agar dibuka dan diinisiasi Pemerintah Pusat, sehingga secara bertahap kunjungan wisatawan semakin bertambah. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini