Membahayakan, Dewan Gianyar Minta Eksekutif Perbaiki Gorong-gorong Jebol

picsart 06 02 05.35.34
DIPASANG DRUM - Jalan jebol di Banjar Pinda, Desa Saba Blahbatuh, Gianyar, yang dipasangi dua buah drum.

Gianyar, DENPOST.id

Gorong-gorong yang melintasi jalan di jalur Batubulan-Ketewel, Sukawati, Gianyar jebol dan sangat membahayakan masyarakat pengguna jalan. Bila tidak segera diperbaiki, gorong-gorong tersebut terancam rusak lebih parah.

Menerima keluhan dari masyarakat Batubulan, Anggota DPRD Gianyar bersama prajuru adat dan Dinas Banjar Menguntur, Desa Ketewel  meninjau kerusakan gorong-gorong yang melintasi jalan yang menghubungkan Banjar Manguntur, Banjar Sasih, Desa Batubulan menuju Lembeng, Desa Ketewel, Sukawati, Rabu (2/6/2021).

Jalan jebol juga terjadi di jalan menuju Pantai Saba, tepatnya di wilayah administratif Banjar Pinda, Desa Saba, Blahbatuh, Gianyar. Meski jalan jebol di Saba ini tidak ditinjau Dewan Gianyar, namun PUPR Gianyar berjanji akan memperbaikinya pada pertengah Juni 2021.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gianyar, Ketut Sudarsana, mengatakan saat reses 29 Mei 2021, dewan menerima keluhan masyarakat Banjar Menguntur,  terkait gorong-gorong melintasi jalan yang jebol. Ini ditindaklanjuti Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gianyar turun melakukan peninjauan ke lokasi melibatkan prajuru adat dan dinas setempat.

Baca juga :  Rawat Jalan di RSU Negara, Winasa Dikawal Kepolisian

Sudarsana menjelaskan dari hasil turun ke lapangan lokasi gorong-gorong yang jebol tersebut, masuk kategori jalan kabupaten. Gorong-gorong itu jebol diprediksi karena padatnya arus lalulintas kawasan Batubulan menuju Ketewel, sehingga beban kontruksi gorong-gorong ini tidak mampu menahan beban lalu lintas yang sangat padat.

Sudarsana yang juga Wakil Ketua Komisi II DPRD Gianyar ini, minta Dinas PUPR Kabupaten Gianyar memprioritas perbaikan gorong-gorong yang jebol tersebut. Selain itu, pihaknya juga minta Bupati Gianyar memperbaikan jalan-jalan kabupaten yang rusak menggunakan anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Ini dikarenakan jalan merupakan fasilitas publik yang sangat mendukung perekonomian masyarakat.

Baca juga :  Pemutihan Denda PKB, Petani Berterima Kasih Ke Gubernur Koster

Sementara Kabid Bina Marga Dinas PU Gianyar, Made Astwiguna menyatakan segera akan melakukan perbaikan terhadap jalan yang ambrol di Saba. Untuk penanganan tahun ini, didapatkan dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD Gianyar tahun 2021. ”Perkiraan pertengahan Juni sudah mulai pengerjaan fisik dengan anggaran Rp6,7 miliar,” jelasnya. (116)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini