Peringatan Hari Lahir Pancasila di Buleleng Rambah Desa/Kelurahan

picsart 06 02 05.36.05
LAHIR PANCASILA - Suasana peringatan Hari Lahir Pancasila di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Selasa (1/6/2021)

Singaraja, DENPOST.id

Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, di Kabupaten Buleleng. Kali ini, momentum bersejarah ini diperingati di seluruh wilayah, baik dari tingkat kecamatan, desa dab kelurahan di Buleleng.

Bahkan hal tersebut, hanya dilakukan di Kabupaten Buleleng dan berbeda dengan daerah lainnya. Mulai dari upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, hingga beragam kegiatan atau lomba di masing-masing kecamatan.

Dalam upacara Peringatan Lahirnya Pancasila yang dilaksanakan, Selasa (1/6/2021) dilaksanakan di seluruh kantor camat, desa/kelurahan di Buleleng, dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

Selain itu, pelaksanaan Bulan Bung Karno III di Bali tahun ini mengambil tema “Wana Kerthi Taru Prana Bhuwana” yang berarti pohon (hutan) sebagai napas bumi (dunia). Selain gerakan penanaman pohon dan kebersihan juga ada kegiatan lainnya. Di mana, lomba tersebut sudah dimulai sejak, 10 Mei sampai 10 Juni 2021, seperti lomba vlog, penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan upacara panca yadnya, lomba vlog UKM Bali Bangkit Mesari, serta lomba video dokumenter aktualisasi nilai-nilai Pancasila, dalam tataran pelaksanaan Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Baca juga :  Penusukan di SPBU Giri Mas, Begini Pengakuan Tersangka

Selain itu juga ada lomba dokumenter pengolahan sampah berbasis sumber di desa. Sedangkan webinar yang mengambil tema memaknai dan mengkontektualisasi Tri Sakti Bung Karno, yang akan digelar pada, 6 Juni 2021.

Sebelumnya, Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, yang ditemui usai mengikuti Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021, di Istana Negara secara virtual dari Kantor Bupati Buleleng, Selasa (1/6/2021) mengatakan momentum Lahirnya Pancasila yang selalu diperingati pada, 1 Juni menjadi sebuah momentum untuk mengingat kembali dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila, dalam kehidupan.

Baca juga :  Mayat Bayi Dicabik Biawak di Pantai Pemuteran

“Nilai-nilai luhur Pancasila harus hadir secara nyata dalam kehidupan. Pancasila harus terus menjadi nilai yang hidup dan berkembang dalam kehidupan,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Camat Banjar, Gede Arya Suardana, bahwa momentum Hari Lahir Pancasila, dapat menjadi momentum untuk eling kembali pada nilai-nilai luhur Pancasila, dan semangat patriotisme para pejuang agar tetap terpatri di jiwa dan raga seluruh masyarakat.

Sementara Perbekel Desa Banyuatis, I Gede Muliarta, bahwasannya sangat antusias dengan Peringatan Lahirnya Pancasila, sehingga harus dimaknai benar oleh seluruh masyarakat. (118)

Baca juga :  Doni Ditemukan, Fredy Diduga Manfaatkan Keluguan Ayah Korban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini