Sebelum Lakukan Pinjaman, DPRD Minta PDAM Lakukan Kajian

Sebelum Lakukan Pinjaman, DPRD Minta PDAM Lakukan Kajian
Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika

Bangli, DENPOST.id

Rencana Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bangli melakukan pinjaman anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk perluasan layanan, direspons kalangan DPRD Bangli. Pihak parlemen Bangli mengingatkan PDAM supaya melakukan kajian secara matang sebelum melakukan pinjaman tersebut.

“Kajian ekonomisnya harus ada. Apakah dengan pinjaman itu, nanti PDAM bisa melakukan pembayaran? Ini mesti disesuaikan dengan kemampuan PDAM itu sendiri. Kemampuan untuk membayar ke depan harus dipikirkan dengan baik,” kata Ketua DPRD Bangli, Ketut Suastika, Kamis (3/6/2021).

Baca juga :  Lindungi Diri Dengan Prokes dan Booster

Sebab Suastika, namanya pinjaman mau tidak mau harus dikembalikan. “Jangan ujug-ujug meminjam sebelum ada kajian yang jelas. Terlebih PDAM tidak semata-mata mengutamakan profit oriented,” ujarnya.

Kajian ini, lanjut Suastika, sangat penting melihat kondisi PDAM secara manajemen, pelanggan serta kemampuan APBD daerah Bangli yang kecil. Terlebih anggaran saat ini lebih diplot untuk penanganan Covid-19. Saran Suastika ini cukup beralasan melihat cakupan konsumen PDAM yang masih sedikit belum lagi masalah keluhan dari pelanggan akibat keseringannya air PDAM padam.

Baca juga :  Badung Raih Penghargaan Natamukti

Sebelumnya, Kabag Administrasi dan Keuangan PDAM Bangli, I Gusti Agung Jelantik Suta Baskara, seizin Direktur PDAM, I Dewa Gede Ratno Suparso Mesi, menyatakan akan melakukan pinjaman sebesar Rp 10 miliar untuk memperluas layanan. Pasalnya hingga saat ini PDAM Bangli baru mampu melayani 34 persen lebih dari 228.400 jumlah penduduk Kabupaten Bangli.

Diakui kendala PDAM  melakukan perluasan layanan,  yakni persoalan modal. Mengingat untuk membuka daerah layanan baru membutuhkan anggaran yang cukup besar. (c/128)

Baca juga :  Seorang Petani di Bayung Gede Gantung Diri di Pohon Kaliandra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini