Tertinggi Kedua, Dana Berhasil Cairkan BPUM di Karangasem

Tertinggi Kedua, Dana Berhasil Cairkan BPUM di Karangasem
Bupati Karangasem, I Gede Dana

Amlapura, DENPOST.id

Di tengah Pandemi Covid-19, kerja keras dilakukan Bupati Karangasem, I Gede Dana. Salah satunya getol memperjuangkan bantuan untuk para UMKM di Karangasem. Berbuah manis,  Kamis (3/7/2021) Dana menyatakan di tahun 2021 ribuan UMKM menerima kembali pencairan dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Di tahun 2021 ini, kata Dana, sebanyak 32.731 pelaku usaha mikro siap menerima BPUM maisng-maisng senilai 1,2 juta. Berkat perjuangan orang nomor satu di Karangasem ini, Karangasem menjadi Kabupaten tertinggi ke-2 dari 9 Kabupaten di Bali yang usulan BPUM cair di tahun 2021.

Baca juga :  Salurkan Bantuan Ternak Kambing, Bupati Tamba Minta Peternak Jangan Asal-asalan

“Saya ingin seluruh pelaku UMKM yang datanya sudah diajukan dapat menerima bantuan ini,” kata Dana. Ia menuturkan, tahun 2020 lalu ada 57.456 UMKM yang diusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM. Namun hanya sebagian kecil yang lolos verifikasi. “Saya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Akhirnya seluruh usulan penerima BPUM tahun 2020 bisa cair di tahun 2021,” ungkap Dana.

Ulet memperjuangkan UMKM, Dana menilai penting. Sebab, ia ingin membantu warga khususnya para UMKM yang baru muncul akibat PHK atau dirumahkan. “Di tengah pandemi ini masyarakat kita sedang berjuang, tak heran banyak bermunculan UMKM dan ini harus kita apresiasi karena semangatnya yang luar biasa,” katanya.

Baca juga :  Kembangkan Potensi Kelautan, Klungkung Datangkan Tim Ahli

Plt. Kadis Koperasi dan UMKM Kabupaten Karangasem, I Wayan Kertya, menuturkan, realisasi penerima BPUM di Karangasem dinilai sangat tinggi. “Hingga kini masih terbuka usulan selanjutnya hingga September. Beberapa usulan sedang diverifikasi Pemerintah Provinsi. Calon penerima program BPUM meliputi seluruh pelaku usaha mikro. Syaratnya harus memiliki surat keterangan usaha atau SKU dari desa setempat, KTP dan  KK, ” pungkasnya. (c/yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini