KPS Denpasar dan Ralawan Bersihkan Bantaran Sungai di Peguyangan Kangin

KPS Denpasar dan Ralawan Bersihkan Bantaran Sungai di Peguyangan Kangin
BERSIH-BERSIH - Suasana bersih-bersih bantaran sungai di wilayah Peguyangan Kangin.

Peguyangan, DENPOST.id

Komunitas Pecinta Sungai (KPS) Kota Denpasar, bersama sejumlah relawan melakukan bersih-bersih bantaran di kawasan Peguyangan Kangin, Jumat (4/6/2021).

Kegiatan yang digelar dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021 pada 5 Juni esok ini juga didukung sejumlah komunitas pecinta alam seperti Bantas Teduh, Sai Green, Katon Jaya dan Lungatad Berseri.

Korlap KPS Denut, Wayan Mustika, menerangkan, KPS Denpasar sejatinya gerak kecil yang ingin berkontribusi menyelamatkan kelestarian sungai di Kota Denpasar.

“Kami mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar terkait edukasi terhadap makna alam itu. Saat ini lingkungan masih butuh sentuhan dari kita, oleh kita dan untuk kita,” katanya.

Baca juga :  Abaikan Prokes, Belasan Warga Disemprit Petugas

Keberadaan KPS Denpasar, kata dia, juga sebagai perpanjangan Pemerintah Kota Denpasar untuk menjaga kelestarian sungai dan aliran air. Hal ini penting sebab menurutnya masyarakat Bali sangat memerlukan sumber air dalam memenuhi konsumsi, usaha maupun tradisi keagamaan.

Bukan saja menjaga kebersihan air, pihaknya juga berupaya menjaga kebersihan perahyangan berupa pura taman, pura beji dan sejenisnya.  Hal ini sejalan dengan konsep Tri Hita Karana yang mengedepankan keselarasan hubungan. Salah satunya hubungan manusia dengan alam.

Baca juga :  Ngurah Agung Resmi Daftar Bakal Calon Walikota Denpasar

“Aliran air dari bantaran sungai kecil masih diharapkan petani dan subak. Di wilayah Peguyangan Kangin ada empat kelompok subak, yakni Subak Dalem, Jurangasri, Peraupan dan petani  sayur. Mereka sangat membutuhkan air,” pungkasnya. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini