Inovasi Pelayanan Kependudukan di Bangli Lewat Gelar Wiwaha

picsart 06 06 07.51.51
AKTA PERKAWINAN - Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, saat memberikan akta perkawinan secara perdana kepada mempelai pengantin di Susut.

Bangli, DENPOST.id

Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, meluncurkan Gerakan Layanan Reaktif Wiwaha/Perkawinan (Gelar Wiwaha) yang ditandai dengan menyerahkan Akta Pernikahan, KTP dan KK atas Nama I Wayan Suwendra, dengan Ni Wayan Sintia, di Banjar Tiga, Desa Tiga, Susut, Sabtu (5/6/2021).

Dalam sambutannya, Plt. Kadisdukcapil Kabupaten Bangli, Jro Penyarikan Widarta, menyampaikan program Gelar Wiwaha merupakan program inovasi Disdukcapil Bangli, yakni penyerahan Akta Perkawinan langsung kepada mempelai pada saat acara pernikahan. “Penyerahan Akta Perkawinan ini sekaligus sebagai ucapan selamat berbahagia untuk mempelai dari Bapak Bupati Bangli, agar ke depan dengan terbentuknya keluarga baru bisa ikut berperan dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa. Generasi penuh semangat, generasi pembangunan dalam balutan semangat Era Baru,” ungkapnya.

Baca juga :  Mengamuk Tak Karuan, Kaki dan Tangan ODGJ Diikat

Lebih lanjut dijelaskan dia, program Gelar Wiwaha lahir sebagai simbol pemerintah ikut berbahagia dengan terbentuknya keluarga baru ini, dan sekaligus sebagai media sosialisasi langsung akan pentingnya adminduk dalam kehidupan bermasyarakat. “Bagi masyarakat Bangli yang mengundang Bapak Bupati atau Bapak Wakil Bupati di acara resepsi pernikahan akan mendapatkan Gelar Wiwaha berupa Akta Perkawinan sekaligus mendapat KK baru dan KTP dengan status baru,” jelasnya.

Sementara Bupati Sang Nyoman Sedana Arta, menyampaikan perkembangan teknologi sudah sedemikian hebat. Untuk itu, masyarakat juga harus bisa mengikuti untuk mempermudah segala sesuatu urusan, baik administrasi dan pelayanan kepada masyarakat. “Program Gelar Wiwaha adalah sebuah inovasi yang bertujuan untuk memberi kemudahan pada masyarakat kaitannya dengan pelayanan kependudukan dengan sistem jemput bola sebagai aktualisasi Bangli Era Baru,” tegasnya. (128)

Baca juga :  Objek Wisata Ditutup Sementara, Masyarakat Diminta Tak Nekat Datang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini