BTB Sebut Hotel Aktif Masih di Bawah 50 Persen

BTB Sebut Hotel Aktif Masih di Bawah 50 Persen
PAKAR - Para pakar memaparkan kondisi pariwisata Bali di tengah pandemi, dalam diskusi beberapa waktu lalu.

Karangasem, DENPOST.id

Kendati kunjungan wisatawan domestik mulai meningkat ke Bali sejak penurunan kasus positif, sektor pariwisata di Bali belum mengalami perbaikan yang signifikan.

Hal itu dilihat dari jumlah hotel yang beroperasi di tengah pandemi. Ketua Bali Tourism Board (BTB), Ida Bagus Agung Partha Adnyana, saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi pariwisata di Karangasem pada Minggu lalu mengakui hal itu.

Baca juga :  Mendagri Panggil Wayan Koster dengan "Bli Gub"

Belum pulihnya sektor pariwisata, ia gambarkan dari jumlah hotel yang beroperasi saat ini masih di bawah persentase jumlah total hotel di Bali.

“Saat ini hanya 212 hotel dari 500 yang masih beroperasi secara optimum. Itu baru kategori hotel, kalau termasuk jenis akomodasi lain seperti villa, jumlahnya mencapai 2.000 dan yang beroperasi hanya 500,” ujarnya dalam diskusi yang dihadiri Wakil Gubernur Bali dan Bupati Karangasem.

Baca juga :  PELAKU TABRAK LARI DI SIBANG DITANGKAP

Kendati pemulihan belum optimal, dia menyebut Pemerintah Provinsi Bali telah berupaya keras. Dikatakannya, sejumlah rencana terus dimatangkan untuk pemulihan pariwisata, antara lain pembukaan Bali untuk wisatawan manca negara pada bulan Juli dengan alternatif skema travel babble atau karantina.

Selain itu, pemerintah juga melaksanakan program Work From Bali (WFB) melibatkan sejumlah lembaga.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Trisno Nugroho, yang turut hadir saat itu juga memberi gambaran umum mengenai perekonomian Bali. Dari data BI, perekonomian Bali masih mengalami kontraksi, meski berangsur membaik.

Baca juga :  Langgar PPKM Level 4, Pengelola Karaoke EC dan Platinum Didenda Rp 1 Juta

Menurutnya, pemulihan sektor perekonomian Bali membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini