Pejabat dan Pengusaha Beli Lukisan di Pameran “Merajut Rasa, Menilik Rupa”

Pejabat dan Pengusaha Beli Lukisan di Pameran
TERIMA GAMBAR - Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putu Putri Suastini Koster dan Sekda Bali Dewa Made Indra menerima gambar pada pembukaan pameran seni rupa "Merajut Rasa, Menilik Rupa" pada Senin (7/6/2021) di Taman Budaya, Art Center (Pusat Kebudayaan) Provinsi Bali di Denpasar. (DenPost.id/ist)

Sumerta, DenPost.id

Sejumlah pejabat dan pengusaha berlomba-lomba membeli lukisan secara virtual pada pembukaan pameran seni rupa “Merajut Rasa, Menilik Rupa” pada Senin (7/6/2021) di Taman Budaya, Art Center (Pusat Kebudayaan) Provinsi Bali di Denpasar.

Semua transaksi dilakukan secara nontunai melalui virtual akun Bank BPD Bali. Mereka yakni pemilik Marketplace Balimall Sri Aryani, Direktur Utama (Dirut) BPD Bali I Nyoman Sudharma, dan Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putu Putri Suastini Koster.

Istri Gubernur Bali Wayan Koster yang akrab disapa Bunda Putri ini menerangkan 53 perupa menampilkan 83 karya yang menakjubkan pada pameran kali ini. Pada hari pertama itu, tiga lukisan bernilai jutaan rupiah laku terjual. “Mohon dukungan para donatur dan kolektor, mari kita peduli pada masyarakat, khususnya para perupa. Saat ini mereka sangat membutuhkan sentuhan kita,” tegasnya, kepada para pejabat dan undangan yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Bunda Putri juga mengungkapkan peran digitalisasi dalam transaksi dan berbelanja. Pandemi, menurutnya, merupakan momentum agar kita menoleh digitalisasi. Selain mengikuti kemajuan teknologi, digitalisasi juga menjaga masyarakat dari penularan covid-19.

Baca juga :  Tekan Mobilitas Warga, Gencarkan Razia Prokes

Pengamalan digitalisasi juga diterapkan pada pameran virtual ini, dengan melibatkan apliasi Balimall.id sebagai platform penjualan lukisan. Lukisan yang dipamerkan dapat dilihat di aplikasi tersebut. Sedangkan pembayaran menggunakan virtual akun BPD Bali. “Mari kita isi balimall dengan karya asli seniman Bali. Setelah pameran sandang, sekerang perupa. Harapan kami menyampaikan link ini untuk ruang pameran dunia maya di Balimall.id,” ungkap Bunda Putri.

Baca juga :  26 Siswa dan Guru Peroleh Hadiah Dana Pendidikan dari Faber-Castell

Pameran ini dibuka secara resmi oleh Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra yang saat itu hadir mewakili Gubernur Bali Wayan Koster. Pameran berlangsung hingga 21 Juli 2021.

Dewa Indra mengatakan kehadiran pemerintah dan komponen terkait seperti Dekranasda Bali memang sangat dibutuhkan pelaku IKM/UMKM dan seniman, karena mereka adalah kelompok yang sangat terdampak di masa pandemi covid-19.  Tak hanya memberi dampak ekonomi karena karya mereka laku terjual, tapi pameran yang difasilitasi Dekranasda Bali ini diyakini dapat menjaga asa para seniman agar tak patah semangat, namun sebaliknya terus berkreativitas. “Kreativitas para seniman tak boleh terhenti. Jika itu sampai terjadi, maka seni kita akan mengalami kemunduran,” tegasnya.

Baca juga :  PENGACARA OKNUM SULINGGIH UPAYAKAN PENANGGUHAN PENAHANAN

Seorang perupa yang mengikuti pameran, Galung Wiratmaja, menilai pameran virtual gagasan Bunda Putri merupakan momen penting bagi kebangkitan seniman yang menekuni seni lukis. “Ini merupakan bukti kepedulian Ibu Putri Koster terhadap seluruh kegiatan berkesenian,” tegasnya.

Galung menyebut bahwa selama ini karya main art seperti yang ditekuninya nyaris luput dari perhatian. “Kami bingung, harus minta support ke mana. Syukur Dekranasda yang saat ini diketuai Ibu Putri Koster memberi perhatian kepada kami. Terima kasih banyak atas perhatian dan kesempatan yang diberikan,” tandasnya. (wir)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini