Geliatkan Ekonomi Warga, Pantai Jerman Ditata untuk UMKM

picsart 06 08 05.59.56
BERBENAH - Pantai Jerman, yang terus berbenah untuk objek wisata dan juga sebagai kegiatan UMKM.

Kuta, DENPOST.id

Kondisi pandemi Covid-19, sangat dirasakan masyarakat Kuta. Bahkan masyarakat yang biasanya bergantung dari pariwisata sebagian kini beralih menjadi nelayan atau pedagang.

Untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat Kuta ini, kawasan Pantai Jerman, Kuta yang dulunya kumuh kini terus ditata rapi sebagai kawasan wisata dan aktivitas nelayan, serta juga pedagang atau UMKM.

Salah seorang tokoh masyarakat Kuta, Ni Luh Gede Sri Mediastuti memaparkan kawasan Pantai Jerman memang ditata untuk kawasan UMKM dan pemberdayaan nelayan. Apalagi di tengah pandemi saat ini, keberadaan nelayan dan masyarakat Kuta secara umum sangat berdampak akan kondisi ini. Karena itu, pihaknya bersama para tokoh di Banjar Segara, serta Desa Adat Kuta mengajak para nelayan dan krama untuk meningkatkan potensi yang ada. “Jadi, kami ajak nelayan untuk berbenah karena tidak mungkin terus menunggu pariwisata yang belum jelas. Harus ada terobosan dan upaya mau dibawa ke mana Kuta ini,” ujarnya, Selasa (8/6/2021).

Karenanya, kawasan Pantai Jerman yang berada di lingkungan Banjar Segara Kuta, ditata khusus agar masyarakat bisa membuka lapak untuk berjualan anek kuliner, sehingga ekonomi bisa bergulir. Rencananya, sambung dia, setelah di-pelaspas, UMKM akan mulai dibuka, sehingga ada aktivitas di pantai yang bermanfaat bagi masyarakat Banjar Segara dan Kuta secara umum.

Baca juga :  Pembentukan TPS3R, Giri Prasta Sebut Beri Peluang Serap Tenaga Kerja

Untuk menjaga prokes agar tetap berjalan, untuk tahap awal nantinya akan dibuka 16 kelompok UMKM. Bahkan para UMKM ini juga sudah mendapat semacam pinjaman lunak masing-masing Rp2 juta. “Nantinya akan ada aneka kuliner di sini, dengan harga Rp10 ribu dan dipasarkan juga secara online agar bisa dikenal masyarakat,” ujarnya. (113)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini