Pascabanjir, Sumur Warga di Kusamba Tercemar

Pascabanjir, Sumur Warga di Kusamba Tercemar
BERSIHKAN RUMAH - Warga di Dusun Pancingan, Desa Kusamba, Dawan mulai membersihkan rumahnya pascabanjir, Kamis (10/6/2021).

Semarapura, DENPOST.id

Air Sungai Candigara di Banjar Pancingan, Desa Kusamba, Dawan, Klungkung telah surut, Kamis (10/6/2021). Warga pun mulai sibuk membersihkan rumahnya yang terendam banjir. Namun ada sejumlah masalah yang dihadapi warga pascabanjir terjadi. Yakni kesulitan air bersih. Apalagi ada beberapa warga yang masih menggunakan sumur untuk Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

Seperti yang dialami Ni Wayan Eden (40), warga asal Banjar Anyar Kusamba. Setelah banjir, dia mengeluhkan kesulitan air bersih karena air di sumurnya keruh dan amis. Kondisi ini tidak hanya dialaminya, lantaran sebagian besar warga di Dusun Bingin memanfaatkan sumur untuk mendapatkan air bersih.

Baca juga :  Personel Polres Klungkung Dicek Suhu Tubuh

“Sebenarnya banjir sudah mulai surut jam 7 malam kemarin. Tapi ketika saya cek air sumur ternyata keruh dan baunya amis. Di sekitar sini kan banyak warga yang memiliki usaha pemindangan,” ungkap Eden.

Kondisi tersebut membuat Ni Wayan Eden harus membeli air mineral untuk keperluan memasak dan minum. Sementara untuk mandi, ia masih memanfaatkan air sumur walau kondisinya keruh.

“Kalau untuk masak tidak berani pakai air itu (sumur), cuma mandi saya terpaksa pakai air keruh itu,” katanya.

Baca juga :  Dua Tersangka Dugaan Korupsi Air Tangki PDAM Segera Diadili

Perbekel Kusamba, Nengah Semadi Adnyana, mengatakan, masalah air bersih masih bisa diatasi lantaran warga yang menggunakan sumur masih bisa minta air ke tetangga yang menggunakan air PDAM. “Memang ada beberapa warga di sana pakai sumur. Tapi masih bisa diatasi, karena warga minta air PDAM ke tetangga,” kata Nengah Semadi Adnyana.  (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini