Seorang Bocah di Tegalasih Diserang Anjing Rabies

VAKSINASI - Vaksinasi anjing dilakukan petugas peternakan di wilayah Banjar Tegalasih, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana

Negara, DENPOST.id

Kasus gigitan anjing rabies kembali terjadi di Jembrana. Anjing rabies mennyerang seorang bocah yang berusia lima tahun di Banjar Tegalasih, Desa Batuagung, Kecamatan Jembrana. Bocah tersebut digigit  anjing rabies di bagian mata kirinya.

Kabid Keswan dan Kesmavet, Dinas Pertanian dan Peternakan Jembrana, drh. I Wayan Widarsa, didampingi Kasi Keswan dan Kesmavet IGNB Rai Mulyawan, di sela-sela eliminasi selektif dan vaksinasi anjing  di Banjar Tegalasih, Kamis (11/6/2021) mengatakan, korban sudah mendapatkan suntikan vaksin anti rabies atau VAR.

Baca juga :  Pelabuhan Gilimanuk Disemprot Disinfektan

Kasus gigitan anjing rabies dii Banjar Tegalasih ini merupakan kasus ke-10 yang menyerang warga sejak awal tahun 2021. “Kasus positif gigitan anjing rabies di Banjar Tegalasih ini merupakan kasus kedua. Di mana sebelumnya terjadi di banjar Sawe,” katanya.

Guna mencegah penularan rabies di desa ini, pihaknya melakukan eliminasi selektif terhadap anjing yang sempat kontak langsung dengan anjing rabies tersebut. Kemudian mengambil sampel otak satu ekor anjing yang dieliminasi selektif. Guna mengetahui sejauhmana penyebaran rabies di desa tersebut.

Baca juga :  Polsek Melaya Maksimalkan Program "Jalak Mapekeling"

Selain melakukan eliminasi selektif, petugas juga melakukan vaksinasi emergency gratis secara massal terhadap anjing warga di radius 100 meter dari lokasi gigitan. Ada 25 ekor anjing yang divaksinasi. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini