Sasar 112 Dusun, Distan Vaksin 23.818 Anjing

Sasar 112 Dusun, Distan Vaksin 23.818 Anjing
DATANGI RUMAH – Dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar mendatangi rumah warga di Desa Peguayangan Kaja untuk memvaksin anjing peliharaan.

Lumintang, DENPOST.id

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar sudah menyelesaikan vaksin anjing di 112 dusun/lingkungan yang tersebar di 10 desa/kelurahan. Sebanyak 23.818 (24,30 persen) hewan penular rabies (HPR) sudah tervaksu dari keseluruhan populasi yang ada 89.796 ekor anjing.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Drh. Made Ngurah Sugiri didampingi Kasi Kesehatan Hewan Drh. IA Made Sri Martini, Jumat (11/6/2021) mengatakan, vaksin menyasar puluhan ribu anjing peliharaan, anjing liar dan diliarkan untuk mencegah penularan rabies di masa pandemi Covid-19

Baca juga :  Membandel, Pedagang di Jl. Kartini Dibubarkan Satpol PP

”Kami memvaksin anjing dengan mendatangi balai banjar, balai desa maupun jemput bola ke rumah warga. Selain itu, menyusuri tempat umum seperti lahan kosong dan tempat strategis lainnya mencari anjing liar dan diliarkan dengan cara menulup,’’ papar Ngurah Sugiri.

Saat melakukan vaksin pihaknya dibantu dokter mandiri dari yayasan karena tenaga dokter hewan yang dimiliki Dinas Pertanian terbatas, sehingga tidak bisa banyak melakukan vaksinasi anjing. ”Kami sudah jadwalkan turun ke lapangan bersama tim setiap hari melakukan vaksin anjing di masing-masing banjar dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes),” katanya.

Baca juga :  Aksi Berbagi Nasi Bungkus Tetap Bergairah

Dia menerangkan, petugas bersama dokter mendiri dari yayasan turun melakukan vaksinasi ke balai banjar, menyasar anjing liar atau diliarkan. Kalau ada rumah warga dilewati dokter hewan akan disinggahi sekaligus memvaksin anjing yang dipelihara. ”Terobosan ini kami lakukan guna mempertahankan Denpasar bebas rabies selama 4 tahun dari 2017 sampai 11 Juni 2021 ini,’’ pungkasnya. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini