PKB 2021 Beri Efek Berganda, dari Ruang Kreasi Seniman Hingga Promosikan Prokes

picsart 06 12 05.54.27
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa

Sumerta, DENPOST.id

Pesta Kesenian Bali XLIII Tahun 2021 resmi dibuka secara virtual oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo, Sabtu (12/6/2021).
Di lokasi gelaran, Gedung Ksirarnawa, Art Center, pembukaan ditandai penancapan kayon oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno, yang didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster.

PKB kali ini merupakan gelaran perdana yang digelar di tengah pandemi Covid-19. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Putu Astawa menyambut gembira kegiatan tahunan ini.
Baginya, PKB bukan sekadar pentas seni, namun memberi dampak berganda yakni pelestarian kesenian tradisional Bali yang sekaligus memromosikan penerapan protokol kesehatan di Bali.

Baca juga :  Dewan Badung Tolak PHR Tak Dipungut, Begini Reaksi Wagub

“Ini sejalan dengan kesiapan kita open border pada Juli mendatang. PKB sebagai sebuah trial (percobaan) penerapan protokol kesehatan,” ujarnya yang ditemui saat menghadiri pembukaan PKB.

PKB, kata dia, menjadi gambaran bahwa Bali bisa mengelola pariwisata dengan konsep kenormalan baru. Dengan penerapan protokol yang rinci, dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan ke Bali.
“Semoga wisatawan domestik maupun mancanegara agar rindu ke Bali. Segala sesuatu telah kita siapkan untuk menyambut kedatangan mereka. Seperti membuat standar operasional, melakukan simulasi di bandara,” sambungnya.

Baca juga :  Baksos PDIP Denpasar Tahap II Diisi Sembahyang Bersama

Kendati telah siap menerima kunjungan, dia mengaku belum bisa memastikan apakah open border akan ditunda dari jadwal bulan Juli mendatang. Sebab menurutnya kewenangan itu ada di pemerintah pusat.
“Penentu kewenangan dari berbagai kementerian, bukan saja Kementerian Pariwisata, juga dari Kemenkumham, dan kementerian lain,” tuturnya.

Selain pentas kesenian, PKB Tahun 2021 ini juga melibatkan perajin kesenian lokal, kuliner lokal, dan UMKM yang ikut dalam Pameran UMKM Bali Bangkit III. (106)

Baca juga :  Hadirkan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah, BRI Beri Penghargaan untuk Mitra Bisnis

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini