Wujud Implementasi Merawat Bumi, Badung Tebar Ini

picsart 06 18 07.43.00
TEBAR IKAN - Bupati Giri Prasta, bersama Anggota DPRD Nyoman Satria, saat melakukan penebaran 50 ribu benih ikan Nila di aliran Telabah Teba Desa Mengwi, Jumat (18/6/2021).

Mangupura, DENPOST.id

Merawat bumi merupakan konsep yang dicanangkan Pemkab Badung, sebagai upaya nyata dalam hal pelestarian lingkungan demi mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan harmonis antara makrokosmos dan mikrokosmos.

Hal itu, dikemukakan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, saat melakukan penebaran 50 ribu benih ikan Nila di aliran Telabah Teba Desa Mengwi, serangkaian Bulan Bakti Bung Karno Desa Mengwi Tahun 2021, Jumat (18/6/2021).

Dalam kegiatan yang turut dihadiri Anggota DPRD Badung asal Mengwi Nyoman Satria; Kadis Perikanan Badung, Nyoman Suardana; Camat Mengwi, Nyoman Suhartana,; Perbekel Mengwi, Nyoman Suwarjana; Bendesa Adat Mengwi, AA Gelgel, beserta tokoh masyarakat Desa Mengwi tersebut, secara pribadi Bupati Giri Prasta menyerahkan dana motivasi sebesar Rp10 juta kepada Desa Mengwi.

Dalam sambutannya atas nama Pemkab Badung, Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi kepada Desa Mengwi karena telah melaksanakan Bulan Bung Karno ketiga. “Kita di Kabupaten Badung sudah ada Peraturan Bupati tentang Bulan Bung Karno, karena Bung Karno merupakan founding father/bapak pendiri bangsa Republik Indonesia, dan 1 Juni kita memperingati lahirnya Pancasila, 6 Juni merupakan hari lahirnya Bung Karno dan 21 Juni wafatnya Bung Karno. Maka nanti setiap 21 Juni di 46 desa dan 16 kelurahan akan melaksanakan Gertak Badung Bersih. Di mana, semua OPD sudah kami bagi dalam wilayah binaan,” ujarnya.

Baca juga :  Pujawali di Pura Sakenan Hanya Sehari, Pamedek Dibatasi

Di samping itu, sebagai upaya nyata dalam menguatkan implementasi konsep merawat bumi di Kabupaten Badung, Bupati Giri prasta mengungkapkan pihaknya telah mengeluarkan Perbup tahun 2017, yang memuat bagaimana saluran irigasi, sungai dan loloan di Kabupaten Badung dijadikan tampak depan lingkungan masyarakat.

“Kegiatan hari ini merupakan wujud peduli kita pada pelestarian lingkungan melalui budidaya ikan air deras, di mana sampai saat ini Badung sudah menebar benih ikan sebanyak 1 juta 55 ekor meliputi penangkaran, irigasi, sungai dan loloan. Dan yang paling penting dalam memelihara ikan adalah merawat air kalau ikannya bisa hidup dengan baik berarti airnya higienis. Kalau tidak bisa hidup berarti air di sini tercemar,” jelasnya.

Baca juga :  Gorong-gorong Jebol Dipasangi "Water Barier"

Sementara Perbekel Desa Mengwi, Nyoman Suarjana, melaporkan dalam bakti sosial serangkaian Bulan Bung Karno 2021, Desa Mengwi bersinergi dengan Dinas Perikanan Kabupaten Badung, menginisiasi penebaran benih ikan Nila di sepanjang aliran telabah teba yang menjadi sumber irigasi pertanian yang ada di wilayah Mengwi sampai ke Mengwitani. (a/115)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini