Warga Sambut Antusias Vaksinasi Skala Banjar

picsart 06 18 08.57.48
VAKSINASI - Suasana vaksinasi di Banjar Umadesa, Peguyangan Kaja.

Peguyangan Kaja, DENPOST.id

Vaksinasi di Desa Peguyangan Kaja berjalan terus. Bahkan program itu, disambut antusias warga setempat. Salah satunya berlangsung di Dusun/Banjar Umadesa, Jumat (18/6/2021).

Kepala Dusun Umadesa, I Putu Doni Mahaputra, menerangkan vaksinasi berbasis banjar merupakan program Puskesmas III Denpasar Utara, untuk mengoptimalkan capaian vaksinasi di Kota Denpasar.
“Ini program kedua, sebelumnya berlangsung di Banjar Batur dan Den-yeh. Sekarang Banjar Blusung dan Umadesa, yang dipusatkan di balai banjar kami,” ujar Doni.

Baca juga :  Operasional Usaha di Denpasar Dilonggarkan Pukul 22.00 Wita

Kata dia, warga sangat antusias mengikuti vaksinasi. Hanya beberapa warga saja yang tidak divaksin, karena sakit dan tak lolos skrining. Namun ratusan warga lainnya tetap antusias.
Dari dua banjar itu, sasaran warga yang divaksin berjumlah 305 jiwa. Sebanyak 286 lolos vaksin, sembilan ditunda karena sakit, ditunda karena alasan bekerja dua oranf dan datang terlambat tiga orang.

Doni menyebut, antusiasme itu disebabkan sejumlah faktor. Antara lain, sebelum kegiatan pihaknya telah melakukan sosialisasi dan edukasi soal pentingnya vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal.
Terbitnya Perpres Nomor 4 Tahun 2021 yang juga mengatur sanksi bagi penolak vaksin, menurut dia, juga memberi pengaruh kepada antusiasme warga untuk mengikuti vaksin. “Pihak Puskesmas III Denut juga memberi penjelasan bahwa vaksin tidaklah berbahaya, namun memang memiliki efek samping,” ujarnya.

Baca juga :  Hindari Kerumunan, Pedagang Bermobil Diminta Berjualan di Pasar

Sejalan dengan itu, Doni mengajak warga untuk jujur dalam menjawab pertanyaan saat skrining, sehingga petugas bisa menentukan tindakan bila warga memiliki komorbid. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini