Enam IKM Berkesempatan Tampilkan Produk di Mall, Dekranasda Ingatkan Ini

picsart 06 20 07.55.25
DIALOG - Dialog IKM Goes To Mall berlangsung daring dan luring. Selain diskusi, kegiatan ini juga diisi dengan fashion show.

Tanjung Bungkak, DENPOST.id

Enam IKM lokal Bali berkesempatan menampilkan produk di Mall Plaza Renon, bersanding dengan produk-produk ternama yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.
Mereka merupakan IKM yang lolos hasil seleksi ketat yang dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali.

Kepala Disperindag, I Wayan Jarta, menerangkan, terobosan ini dilakukan untuk meningkatkan kelas dari produk IKM Bali.
“Ini upaya kita agar pelaku IKM semakin percaya diri terhadap produknya. Mereka telah pilih IKM yang terbaik,” ujarnya yang diwawancarai dalam Dialog IKM Bali Goes To Mall dengan tema “Memberdayakan Teknologi Bangkitkan Ekonomi Kreatif” yang diselenggarakan di Plaza Renon Mall – Denpasar, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga :  Kasus Covid-19 Bali Menurun, Satgas Imbau Tetap Taati Prokes

Selain meningkatkan kelas produk dan kepercayaan diri IKM, terobosan ini ia yakini mampu mendongkrak penjualan di tengah pandemi. Para IKM tersebut juga dimotivasi oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Putu Putri Suastini Koster.

Dia yang hadir sebagai narasumber dalam dialog itu, mengajak pelaku IKM/ UMKM se-Bali untuk belajar dan giat memperbaiki tata cara menata displai produk yang akan dipasarkan.
Hal ini dilakukan serangkaian menyongsong pergerakan waktu sebagai persiapan di kala pandemi Covid-19 berakhir, maka IKM/ UMKM siap untuk kembali melaju kencang di tingkat mancanegara, dengan segala perubahan yang lebih optimal.

Baca juga :  Demi Bayar Premi Asuransi, Perempuan Paruh Baya Gelapkan Perhiasan Berlian

“Ini kami lakukan selaku Dekranasda dalam rangka memperkenalkan mall sebagai tempat transaksi terbaru bagi perajin IKM/ UMKM nantinya. Di mana sebelumnya produk IKM/ UMKM belum pernah kita temui di mall-mall besar di Bali,” ujar Putri Koster.

Pameran konvensional yang dilaksanakan di sejumlah mall besar di Bali secara bergilir adalah kesempatan bagi perajin untuk memasarkan produksinya, namun dengan harga yang sudah ditetapkan.
Pameran konvensional atau offline ini dilakukan menyusul pemasaran produk IKM/ UMKM yang sebelumnya sudah dikenal melalui aplikasi Balimall.id.

Baca juga :  DFSK Hadirkan Gelora Minibus dan Blind Van

CEO Balimall.id, Sri Ariyani, mengatakan bahwa setiap pelaku usaha wajib memanfaatkan teknologi digital sebagai wadah untuk berjualan dan memasarkan produknya.
Melalui dialog yang juga disiarkan langsung di channel YouTube ini diharapkan mampu menumbuhkan kemandirian bagi pelaku IKM/ UMKM Bali untuk dapat berkembang dan terus berbenah.

Dengan program teranyar dari Dekranasda Provinsi Bali yakni “IKM Goes to Mall” dan didukung oleh sinergitas antara Dekranasda Provinsi dan Dekranasda Kabupaten-Kota akan mampu membangkitkan semangat dan perputaran ekonomi ke depan. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini