Raih Predikat Desa Brilian, Desa Panji Berbagi Ini

0
3
picsart 06 20 12.50.41
DESA BRILIAN - Perbekel Panji, Mangku Ariawan, saat menjadi narasumber sosialisasi Desa Brilian.

Singaraja, DENPOST.id

Desa Brilian merupakan program yang digagas Bank Rakyat Indonesia (BRI) sejak tahun 2020. Program ini menyasar 1.000 desa di seluruh Indonesia, yang memiliki semangat untuk mengembangkan potensi di desanya.

Pimpinan Cabang BRI Singaraja, Yogi Haris Nainggolan, mengatakan Desa Brilian dihadirkan agar ekonomi desa menjadi berdaya, mandiri dan memiliki nilai yang luar biasa dalam berkontribusi bagi geraknya ekonomi bangsa, serta lebih jauh desa menjadi motor ekonomi yang juga tahan banting. “Untuk mengikuti program Desa Brilian, setiap desa harus memiliki empat aspek seperti BUMDes, digital, innovation dan sustainability. Setelah empat aspek dimiliki, terdapat kriteria desa yang akan jadi pertimbangan,” ucapnya.

Baca juga :  Nama Kajari Buleleng Dicatut, Tiga Instansi Kecipratan "Uang Terima Kasih"

Desa Panji, Kecamatan Sukasada merupakan salah satu desa yang meraih predikat Desa Brilian.

Sementara Perbekel Panji, Mangku Ariawan, yang akrab disapa Mangku Panji, Minggu (20/6/2021) mengaku bangga dengan prestasi yang diraih desanya. Menurut dia, untuk lolos dalam program ini banyak yang harus dinilai. Mulai dari UMKM yang memiliki rekening atau produk BRI, unit usaha BUMDes aktif memberikan kontribusi di desa, tersedianya produk unggulan hingga kemampuan desa tersebut memberikan social impact atau dampak sosial bagi masyarakatnya.

Baca juga :  OPD Diinstruksikan Maksimalkan Sosialisasi Vaksinasi ke Masyarakat

“Desa-desa yang terpilih akan mendapat pendampingan dan mengikuti pelatihan dan program peningkatan kapasitas,” ucap Mangku Panji, di sela-sela menjadi narasumber sosialisasi program Desa Brilian.

Mangku Panji pun berbagi ilmu dengan desa-desa lainnya di Buleleng, dengan menjadi narasumber. Setelah mendapatkan pendampingan, mantan Anggota DPRD Buleleng ini, menyebut BRI akan melakukan tiga bentuk atau tahap pelaksanaan program Desa Brilian, yakni Empowerment, ini merupakan kegiatan pemberian literasi dasar, literasi bisnis dan literasi digital kepada desa terpilih. (118)

Baca juga :  Bantu Kesembuhan Pasien Covid-19, Kodam Sumbang 464 Penyintas

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini