Dewan Gianyar Minta Pedagang Pasar Blahbatuh Divalidasi

picsart 06 20 07.49.23
RAPAT GABUNGAN - Rapat gabungan DPRD Gianyar, dengan SKPD Pemkab Gianyar, di Gedung DPRD Gianyar, Sabtu (19/6/2021)

Gianyar, DENPOST.id

Kasus kebakaran Pasar Umum Blahbatuh Gianyar, Selasa (15/6/2021) mendapat perhatian, baik Eksekutif maupun Legislatif. Komisi II DPRD Gianyar, sudah turun ke lokasi kebakaran dan mengecek tempat relokasi di sebelah Pasar Yadnya Blahbatuh, Gianyar.

Untuk menangani Pasar Umum Blahbatuh Gianyar, DPRD Gianyar menggelar rapat dengan jajaran Eksekutif dan OPD Gianyar, di ruang sidang DPRD Gianyar, Sabtu (19/6/2021). Ada sejumlah hal menjadi pembahasan pihak Legislatif dan Eksekutif dalam rapat tersebut, di antaranya DPRD Gianyar minta eksekutif untuk melakukan validasi data pedagang terhadap korban kebakaran Pedagang Umum Pasar Blahbatuh.

Baca juga :  Ekonomi Rakyat Belum Pulih, Desa Guwang Bagikan Puluhan Ton Beras

Hal ini dilakukan guna menghindari pedagang siluman. Sebab, dalam waktu dekat para pedagang akan mendapat bantuan stimulus, baik dari Pemkab Gianyar maupun bantuan dari Provinsi Bali. ”Kami minta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar untuk melakukan validasi data pedagang. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari pedagang siluman,” kata Wakil Ketua DPRD Gianyar, Gusti Ngurah Anom Masta.

Sementara Kadis Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Luh Gede Eka Suary, mengaku pihaknya sudah melakukan pendataan. Di mana, pedagang Pasar Umum Blahbatuh mencapai 629 pedagang. Saat sudah tutup mereka pulang membawa barang dagangannya, sehingga pedagang yang mengalami kerugian karena kebakaran mencapai 605. “Ada pedagang saat pasar tutup barang dagangannya dibawa pulang, sehingga mereka tidak mengalami kerugian,” katanya.

Baca juga :  10 Menit Jadi, Perpanjang SIM Drive Thru Pertama di Bali

Dalam rapat terungkap bahwa pedagang akan mendapat bantuan stimulus dari Pemkab Gianyar namun bervariasi ada yang mendapat bantuan Rp3 juta untuk pemilik toko, Rp2 juta untuk pemilik kios dan pelataran Rp750 ribu. Selain itu, para pedagang juga mendapat bantuan Pemrov Bali.

Untuk memudahkan pembayaran para pedagang diharapkan membuat rekening. Karena jumlahnya pedagang mencapai 605, sehingga akan dibuatkan dalam satu tempat, yakni di areal parkir Pasar Yadnya. (116)

Baca juga :  Puluhan Lansia di Gianyar Dijemput untuk Divaksinasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini