Jadi Syarat Keberangkatan, PMI Wajib Ikuti Vaksinasi

picsart 06 21 08.05.10
WAJIB VAKSINASI - Jadi syarat mutlak, Dinaskertrans harap PMI tertib ikuti vaksinasi.

Amlapura, DENPOST.id

Meski pandemi Covid-19 masih terus berlangsung, beberapa negara telah kembali memperkejakan Pekerja Migran Indonesian (PMI). Di Kabupaten Karangasem, tercatat ratusan PMI mulai berangkat bekerja.

Di tengah pandemi, berbagai berkas persyaratan dibutuhkan untuk dapat kembali bekerja. Salah satunya sertifikat vaksinasi Covid-19. Hal tersebut, diungkapkan Kabid Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karangasem, Made Sujaya.

Baca juga :  Sehari 14 Kasus, Sosialisasi Prokes di Karangasem Digencarkan

Diwawanacarai, beberapa waktu lalu, terkait dengan itu, pihaknya berharap para PMI di Karangasem agar tertib mengikuti vaksinasi. Tak hanya itu, menjaga kondisi agar terhindar dari paparan Covid-19 juga penting. “Sehingga juga harus patuh pada protokol kesehatan, ” imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan data dari Januari hingga Mei 2021, ada 171 PMI yang sudah kembali bekerja. Mereka mayoritas bekerja di Italia, Qatar, Turki, dan Dubai. “Ada yang bekerja di darat ada juga di kapal pesiar, ” ujar Sujaya.

Baca juga :  Simpan SS, Pria Asal Tianyar Ditangkap

Mayoritas PMI yang berangkat adalah laki-laki sebanyak 91 orang dan sisanya perempuan. Dalam keberangkatan, seluruhnya melalui agent. Dinaskertrans Karangasem memiliki kewajiban memberi rekomendasi dalam pencarian pasport. “Mereka juga wajib menyertakan sertifikat vaksinasi dan surat bebas Covid-19, ” ucapnya. Pemberlakuan surat bebas Covid-19 dan Sertifikat vaksinasi menjadi wajib, sebab jika belum mampu menunjukkan keberangkatan bisa di cancel, sehingga pihaknya berharap seluruh PMI dapat mengikuti vaksinasi. (yun)

Baca juga :  Ini Alasan Budiarta Tebas Lansia di Tianyar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini