Kadis Parbud Dijebloskan ke Sel, Sekdis Ditunjuk Sebagai Plt

Kadis Parbud Dijebloskan ke Sel, Sekdis Ditunjuk Sebagai Plt
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba

Negara, DENPOST.id

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jembrana, Nengah Alit, dijebloskan ke sel tahanan karena terjerat kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Pascapelimpahan kasus tersebut, kini jabatan Kadis Parbud kosong. Untuk mengisi kekosongan tersebut, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, menunjuk Sekretaris Dinas Parbud, AA Mahadikara sebagai Plt Kadis sementara.

Tamba, di sela-sela persembahyangan di Pura Jagatnata Jembrana, Kamis (24/6/2021) mengatakan, Sekdis akan melaksanakan tugas  hingga nantinya ada pejabat definitif. “Sudah tadi kita tunjuk Sekdis sementara menjadi Plt,” terang Bupati Tamba.

Baca juga :  Pasien Probable di Jembrana Meninggal

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jembrana, I Made Budiasa, mengatakan, dengan status Kepala Dinas aktif yang ditetapkan tersangka, sesuai aturan akan dilakukan pemberhentian sementara. Selama pemberhentian sementara itu, selaku ASN menerima separuh gaji sebelumnya sembari menunggu hasil keputusan hukum tetap atau incraht.

Dikatakannya, memang ada perbedaan perlakuan ASN yang terjerat hukum pidana umum dan tipikor. Khusus untuk yang tipikor, sehari setelah diumumkan bersalah akan langsung dilakukan pemecatan. Namun bila  tidak bersalah, maka seluruh haknya akan dikembalikan seperti semula. Sedangkan untuk pidana umum dan masa hukuman kurang dari dua tahun penjara, masih ada pemulihan sebagai ASN.

Baca juga :  Nihil Kasus Kematian Covid-19, Jembrana Dapat DID Rp14 Miliar Lebih

Diberitakan sebelumnya, dua orang yang ditetapkan tersangka oleh penyidik Tipidkor Polres Jembrana terkait kasus rumbing (hiasan kepala untuk kerbau Makepung)  ditahan saat pelimpahan (tahap II) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jembrana. Kedua tersangka yang sejak Rabu (23/6/2021) ditahan di Polsek Mendoyo, salah satunya merupakan Kepala Dinas Parbud Jembrana  dan satu orang lainnya berperan sebagai penghubung dengan penerima bantuan rumbing. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini