Seminggu, 50 Bule Terjaring Razia Prokes di Badung

Seminggu, 50 Bule Terjaring Razia Prokes di Badung
SASAR PANTAI - Jajaran Satpol PP Badung saat sidak prokes menyasar warga di kawasan pantai, Minggu (27/6/2021) sore. DENPOST.id/ist

Kutsel, DENPOST.id

Disiplin penerapan prokes oleh wisatawan asing dinilai masih rendah. Hal ini berdampak pada kasus bule yang terpapar Covid mulai meningkat. “Dari seminggu kami sidak prokes ada 50 Bule yang terjaring karena melanggar prokes,” tegas Kasatpol PP Badung, IGAK Suryanegara, Senin (28/6/2021).

Suryanegara memaparkan, sejak pandemi berlangsung, disiplin WNA terhadap penerapan prokes masih belum mengalami peningkatan. Dari koordinasinya dengan pihak Dinas Kesehatan, hal ini menjadi salah satu penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di kalangan WNA. Seperti data kasus di Badung pada Minggu (27/6/2021), di mana dari 32 kasus, 4 di antaranya adalah WNA.

Baca juga :  Warga Mambal Hanyut di Tukad Ayung

Melihat kondisi itu, sejak seminggu lalu pihak Imigrasi sudah ikut turun mengingatkan dan menyosialisasikan penerapan prokes ke WNA. Apalagi sudah ada Pergub baru yang menegaskan jika ada WNA yang terjaring prokes 2 kali, bisa direkomendasikan untuk dideportasi.

Selain WNA, pihaknya juga menyasar kawasan desa dan kelurahan yang masuk dalam zona merah. Sebagian besar berada di kawasan Badung tengah dan selatan. Karena penduduknya yang heterogen sehingga kecenderungan kasus terjadi pada warga non-permanen. Rencananya Satpol PP akan menggandeng pihak Diskes untuk melakukan sidak sekaligus tes secara acak setelah vaksinasi selesai dilaksanakan. “Sekarang kan lagi fokus ke vaksinasi. Nanti setelah hampir selesai kami akan lakukan sidak sekaligus tes secara acak,” tegasnya. (113)

Baca juga :  Berjuang Hidup, Widiantara dan Sukma Dewi Jualan Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini