Di Denpasar, Cakupan Vaksin Rabies Baru 28,27 Persen

Di Denpasar, Cakupan Vaksin Rabies Baru Capai 28.27 Persen
VAKSIN ANJING – Dokter hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar memvaksin anjing peliharaan warga di Banjar Anggabaya, Penatih, Selasa (29/6/2021).

Penatih, DENPOST.id

Dinas Pertanian (Distan) Kota Denpasar mencatat cakupan vaksin anjing baru mencapai 28,27 persen atau baru 25.242 ekor anjing_dari populasi 89.769 ekor yang tersebar di 134 dusun yang ada di Denpasar Barat dan Denpasar Utara. Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Denpasar, Drh. Made Ngurah Sugiri, Jumat (29/6/2021), mengatakan, puluhan ribu anjing yang sudah divaksin menyasar anjing peliharaan, anjing liar dan diliarkan. Sebab, kabupaten lain di Bali seperti Klungkung, Karangasem dan Gianyar masih ada anjing menularkan penyakit rabies sehingga Denpasar gencar melakukan vaksin anjing peliharaan maupun diliarkan.

Baca juga :  Kasus Terus Turun, Isoter akan Dihentikan

”Kami memvaksin anjing dengan mendatangi dari rumah ke rumah warga melakukan vaksin tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Di samping menyusuri lahan kosong dan tempat strategis lain menyasar anjing liar atau diliarkan dengan menulup,’’ kata Ngurah Sugiri.

Dalam melaksanakan vaksinasi, Ngurah Sugiri mengaku dibantu dokter hewan mandiri yang dibagi menjadi lima tim. Masing-masing tim beranggotakan dua orang dokter hewan. Selama melakukan vaksin terhadap anjing peliharaan, diliarkan atau liar belum ditemukan penyakit rabies di lapangan. ”Kami sudah menyelesaikan misi vaksiniasi anjing di 11 dusun Desa peguyangan Kangin, Denpasar Utara dengan memvaksin 3.420 ekor anjing (91,39 persen) dari populasi 3.740 ekor anjing,’’ katanya.

Dia menjelaskan, terobosan mendatangi rumah warga memvaksin anjing untuk mempertahankan Denpasar bebas rabies selama 4 tahun dari 2017 ampai 29 Juni 2021 ini. Pengawasan lalu lintas hewan khusus anjing dari luar Denpasar juga dilakukan  ketat. ”Kalau ada masyarakat luar yang membawa anjing ke Denpasar harus melapor ke Dinas Pertanian untuk diperiksa dan divaksin,’’ katanya.

Baca juga :  Kadisparda Bali Tjok Bagus Pemayun: Bali Bakal Jadi Destinasi Berkualitas

Ngurah Sugiri menambahkan, pihaknya bersama tim dokter hewan mandiri melaksanakan vaksin anjing mulai Senin (28/6/2021) Selasa (29/6/2021) hari ini di Kelurahan Penatih. Dilanjutkan menyasar Desa Penatih Dangin Puri (30 Juni-6 Juli), Kesiman Kertalangu (7-16 Juli) dan Kesiman Petilan (21-22 Juli). Diharapkan masyarakat yang belum memvaksin anjing bisa datang ke Kantor Dinas Pertanian di Jl. A. Yani, Denpasar Utara. Dokter hewan jaga siap menunggu kedatangan masyarakat. ”Sebelum datang kami minta masyarakat menghubungi kantor Dinas Pertanian untuk memastikan ada atau tidak dokter hewan memvaksin anjing yang dibawa,’’ sarannya. (103)

Baca juga :  Jerink ‘’Walk Out’’, Sidang Tetap Jalan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini