Mulai Besok, Pelabuhan Padang Bai Tak Terima Tes GeNose

Mulai Besok, Pelabuhan Padang Bai Tak Terima Tes GeNose
DITUTUP - Mulai 30 Juni 2021, loket Tes GeNose di Pelabuhan Padang Bai ditutup.

Amlapura, DENPOST.id

Mulai Rabu (30/6/2021), Pelabuhan Padang Bai di Desa Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem tak lagi melayani Tes GeNose. Tak hanya itu, penyeberang yang masuk Bali dengan menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 menggunakan Tes Genose juga tak dapat diterima.

Ketua Satgas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 di Pelabuhan Padang Bai, I Nyoman Agus Sugiarta, mengatakan, kebijakan tersebut diberlakukan menyusul adanya Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Desa/ Kelurahan. Dalam SE tersebut menyatakan masuk Bali melalui pelabuhan  wajib menunjukkan surat rapid tes antigen 2×24 jam. “Seluruh pelabuhan yang ada di Bali memberlakukan hal sama,” ungkap Sugiarta.

Baca juga :  Dua Siswa Tertular Covid-19 dari Keluarga, Dua Kelas Ikut Isoman

Ia menambahkan, diberlakukan SE ini dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 mengingat memang terjadi lonjakan kasus. “Pemeriksaan di pelabuhan juga kita lakukan ketat. Mulai dari pemeriksaan identitas lengkap dengan surat bebas Covid-19, ” ungkapnya. Jika penumpang yang masuk Bali tak dapat menunjukkan surat keterangan bebas Covid-19 dengan rapid tes antigen, dipersilahkan untuk putar balik.

Munculnya SE Gubernur Bali Nomor 8 tahun 2021 sempat ramai diperbincangkan di media sosial. Khususnya kebijakan menyangkut menunjukkan surat keterangan Swab PCR. Banyak pengguna medsos mengira penyeberangan lewat darat juga harus melampirkan Swab PCR. Terkait itu, Agus Sugiarta menegaskan pihak pelabuhan hanya memberlakukan rapid antigen. (yun)

Baca juga :  Ternyata, Ini Alasan Kakak Aniaya Adik Hingga Tewas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini