Sekda Sebut Vaksinasi Efektif Kendalikan Covid-19 di Bali

Sekda Sebut Vaksinasi Efektif Kendalikan Covid-19 di Bali
Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra

Sumerta, DENPOST.id

Sekda Provinsi Bali, Dewa Made Indra, menginformasikan bahwa sejauh ini perkembangan Covid-19 di Daerah Bali cukup terkendali. Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan bersama wartawan pada Rabu (30/6/2021) di Kantor Gubernur Bali, Denpasar.

Menurutnya, hal ini tak terlepas dari pelaksanaan vaksinasi yang terus dikebut Pemprov Bali didukung oleh berbagai elemen masyarakat. Merujuk data Dinkes Bali per tanggal 29 Juni 2021, jumlah penduduk Bali yang telah memperoleh vaksin tahap pertama telah mencapai 2,2 juta orang. Itu artinya, target herd immunity akan tercapai dalam waktu tak lama lagi.

Baca juga :  Pasien Sembuh 8 Orang, Kasus Positif Bertambah 9 Orang

Ia menambahkan, gencarnya vaksinasi yang dilaksanakan di Daerah Bali berkolerasi dengan upaya pengendalian Covid-19. Sebagaimana diketahui, imbuh Dewa Indra, dalam beberapa pekan terakhir, angka Covid-19 pada sejumlah kota besar khususnya di Pulau Jawa menunjukkan trend peningkatan yang signifikan.

Bali yang secara geografis sangat dekat dengan Pulau Jawa juga mengalami trend peningkatan angka pertambahan positif Covid-19 yang mulai menyentuh angka tiga digit.

Yang melegakan, imbuh Dewa Indra, di Bali hingga saat ini tidak terjadi tekanan yang begitu mengkhawatirkan terhadap tingkat hunian rumah sakit. Hal ini menurutnya jauh berbeda jika dibandingkan dengan situasi pada masa awal pandemi.

Baca juga :  Antisipasi Lonjakan Covid-19, Tim Yustisi Ingatkan Masyarakat Disiplin Prokes

Saat ini, Bed Occupancy Ratio atau BOR ruang ICU berkisar pada angka 39,39 persen, sedangkan BOR untuk ruang isolasi terkandali di angka 30,30 persen.

Dua indikator itu menujukkan bahwa ketersediaan ruang perawatan di Daerah Bali masih sangat aman. Ditambahkan olehnya, hal ini menjadi bukti bahwa program vaksinasi cukup efektif dalam penanganan Covid-19. “Artinya, mereka yang telah divaksin, sekalipun kena, sakitnya tidak parah atau bisa jadi tanpa gejala sehingga tak membutuhkan layanan rumah sakit,” ujar Dewa Indra sembari minta dukungan awak media untuk terus menyosialisasikan pentingnya vaksinasi.

Baca juga :  Satgas Desa Sanur Tetap Batasi Pengunjung ke Pantai

Dikatakannya, Pemprov Bali saat ini tengah menggenjot layanan vaksinasi di luar Badung dan Denpasar karena capaian vaksinasi di dua wilayah ini sudah sangat tinggi.

Bahkan, Dewa Indra menyebut, Badung telah mencapai target 100 persen vaksinasi untuk memenuhi syarat herd immunity yaitu  70 persen dari total jumlah penduduk. Menyesuaikan dengan kebijakan Pusat, Bali pun tengah bersiap melakukan vaksinasi pada anak umur 12 hingga 17 tahun. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini