Badung Kurangi Pembuangan Sampah ke TPA Suwung

picsart 06 30 08.05.46
ANGKUT SAMPAH - Petugas DLHK Badung, saat mengangkut sampah di sejumlah titik yang nantinya diolah dulu di TPS Terminal Mengwi, dan sampah yang tidak bisa dioleh lagi baru dibawa ke TPA Suwung.

Mangupura, DENPOST.id

Pengurangan volume sampah yang dibuang ke TPA Suwung, terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Badung. Hal ini dilakukan karena Badung telah mampu melakukan pengelolaan sampah, sehingga volume sampah ke TPA Suwung dapat dikurangi pembuangannya dari Pemkab Badung.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung mengakui jika sebagai produksi sampah di Kabupaten Badung masih dibuang di TPA Suwung. “Kami memang sudah menerima surat dari provinsi yang menyatakan TPA suwung overload, dan diharapkan bisa mengelola sampah secara mandiri,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah B3 DLHK Badung, AA Gede Agung Dalem, dikonfirmasi, Rabu (30/6/2021).

Baca juga :  Staf Dispar Sewakan Mobil untuk "Explore Buleleng"

Berkenaan dengan rencana penutupan TPA Suwung pada Juli 2021, Gung Dalem juga belum mengetahui secara pasti apakah benar-benar tutup. Sebab, pihaknya belum menerima surat terkait itu. “Kami masih buang sampah ke TPA Suwung. Kami juga belum terima informasi lebih lanjut terkait penutupan TPA Suwung,” kata Gung Dalem.

Dijelaskan Gublng Dalem, sampah-sampah yang dihasilkan di Kabupaten Badung tidak semua terbuang ke TPA Suwung. Sebagian sampah telah mampu dikelola mandiri dari sumber maupun dikelola oleh pihak desa dan juga oleh pihak DLHK melalui TPS3R yang dimiliki. Salah satunya seperti pengelolaan sampah di TPS Mengwitani. “Untuk buang sampah ke TPA Suwung kita terus upayakan sedikit mungkin. Artinya kita optimalkan pengelolaan di TPS3R dan pengelolaan di desa. Dari perkiraan 300 ton sampah per hari, kami bawa ke TPA suwung sekitar 125 ton perhari,” terangnya. (115)

Baca juga :  Jarang Jualan, Pedagang Nasi Goreng Ditemukan Tewas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini