Soal PPDB, BMPS Minta Sekolah Negeri Terima Siswa Sesuai Kuota

Soal PPDB, BMPS Minta Sekolah Negeri Terima Siswa Sesuai Kuota
Ketua BMPS Kabupaten Klungkung, I Ketut Mandia

Semarapura, DENPOST.id

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 sudah mulai berjalan. Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) sebagai sebuah badan musyawarah nirlaba yang diperuntukan bagi musyawarah perguruan sekolah swasta, meminta sekolah negeri menepati komitmen mengikuti petunjuk teknis PPDB khususnya tentang kuota siswa baru.

“Kami berharap sekolah negeri menerima siswa sesuai kuota, tidak ada sekolah negeri menerima siswa baru melebihi kuota,” ujar Ketua BMPS Kabupaten Klungkung, I Ketut Mandia, Jumat (2/7/2021).

Baca juga :  Dapat Pawisik Ida Betara Dalem Ped, RSUD Klungkung "Nuur" Tirta Pura Lempuyang Luhur

Menurut Mandia, peran Pemerintah Provinsi menjadi penting guna menyelaraskan pendidikan khususnya jenjang SMA di Kabupaten Klungkung. Sebab, jika tidak ada pengawasan, maka PPDB dipastikan akan diwarnai banyak persoalan. Salah satunya ketidaksesuaian jumlah siswa yang masuk dengan daya tampung sekolah.

“Sikap pemerintah terhadap sekolah swasta harus jelas. Mari jadikan sekolah swasta sebagai mitra, ikut memajukan dunia pendidikan di Bali,” ajaknya.

Ia juga menyerukan, bagi siswa yang tidak diterima di sekolah negeri agar melanjutkan ke sekolah swasta. Apalagi kualitas sekolah swasta juga dinilai tidak jauh beda dengan sekolah negeri. Jadi menurut mantan anggota DPRD Bali ini, perlu edukasi ke masyarakat bahwa pengakuan mutu sebuah sekolah adalah dari akreditasi, bukanlah pada status negeri atau swasta.

Baca juga :  Suwirta Usulkan Nusa Penida Disamakan Dengan Ini

“Mari kurangi jargon sekolah gratis, namun yang lebih tepat sekolah berkualitas,” imbuh Mandia seraya mengingatkan pemerintah agar terus melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah swasta yang ada. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini