PPKM Darurat, Wisatawan Nusantara Tetap Masuk Bali

PPKM Darurat, Wisatawan Nusantara Tetap Masuk Bali
LIBURAN - Wisatawan nusantara yang liburan ke Bali saat PPKM darurat diperiksa dengan ketat di Pelabuhan Gilimanuk.

Negara, DENPOST.id

Adanya pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Bali dan Jawa tidak membuat wisatawan nusantara dari Jawa  takut masuk ke Bali. Contohnya, salah seorang wisnus Hari Pujianto dari Surabaya, yang diperiksa di pos II Pelabuhan Gilimanuk, Sabtu (3/7/2021) sore.

Dia mengaku sudah berniat liburan ke Bali selama seminggu. Bahkan sudah melengkapi diri dengan uji cepat (rapid test) antigen. “Kami sudah pesan hotel dan konfirmasi beberapa objek wisata dibuka. Kami menyambut baik PPKM ini karena jadi aman liburan.  Lewat dari Surabaya kami juga aman,” katanya.

Baca juga :  Dapur Rumah Jabatan Bupati Jembrana Nyaris Terbakar

Meski sudah membawa surat uji cepat antigen negatif namun petugas kepolisian masih meminta agar suratnya divalidasi di pelabuhan. Sementara uji cepat ulang  PPDN dari zona merah dihentikan di pelabuhan Gilimanuk. Personel yang melakukan pemeriksaan dan pengawasan juga ditambah, baik dari polisi maupun TNI.

Peningkatan pemeriksaan personel yang dilaksanakan sejak Sabtu (3/7/2021) untuk pos  2 atau pintu masuk Bali. Anggota Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk kini dibantu dengan personel Brimob Polda Bali Detasmenen C. Gilimanuk dan juga anggota TNI dari Kodim 1617/ Jembrana.

Baca juga :  Pandemi, Perceraian di Jembrana Tinggi

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol Gusti Putu Dharmantha, mengatakan, selain memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan juga dilakukan pemeriksaan surat keterangan negative hasil uji cepat antigen bagi pengendara dan sopir.

Sementara untuk yang dibonceng atau penumpang mobil diarahkan ke tempat pemeriksaan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di gedung ASDP. Hasil uji cepat antigen yang dibawa oleh mereka kemudian diverifikasi dan jika benar hasilnya negatif dan surat itu asli setelah barcodenya discan diizinkan melanjutkan perjalanan. Mereka yang berasal dari zona merah di Jawa tidak lagi menjalani uji cepat antigen ulang seperti sebelumnya.

Baca juga :  Pariwisata Jembrana Belum Terpengaruh Virus Corona

Dikatakan pula, dengan pemberlakukan PPKM darurat ini, di Pelabuhan Gilimanuk dilakukan pengetatan pemeriksaan pelaku perjalanan dalan negeri (PPDN) terutama di pintu masuk Bali.

Untuk meningkatkan pemeriksaan, Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk selama PPKM setiap hari dibantu 8 orang personel Brimob dan 3 orang anggota TNl dari Kodim 1617/Jembrana.  (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini