5.000 Anak di Bali Pernah Positif Covid-19

5.000 Anak di Bali Pernah Positif Covid-19
VAKSIN – Salah seorang siswa saat menerima vaksin, Senin (5/7/2021)

Padangsambian, DENPOST.id

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya mengungkapkan, sebanyak 5.000 anak-anak di Provinsi Bali pernah positif Covid-19. Jumlah tersebut sekitar 10 persen, dari jumlah total anak sekitar 51 ribu. “Kalau dari data yang ada sampai saat ini, sekitar 5 ribu anak usia 0 sampai 17 tahun sempat terkena Covid-19,” ungkapnya, saat diwawancara wartawan ketika meninjau pencanangan vaksinasi di SMAN 4 Denpasar, Tegal Kerta, Monang Maning, Senin (5/7/2021).

Baca juga :  Br. Padangsari Bagikan 176 Paket Sembako ke Warga

Menekan meluasnya penularan Covid-19 di kalangan anak, Pemerintah Provinsi Bali mulai melakukan vaksinasi terhadap anak usia 12 tahun sampai 17 tahun, yang juga serentak dilakukan di tingkat kabupaten/kota. Di Kota Denpasar, vaksinasi anak itu dilakukan di sejumlah sekolah. Selain di SMAN 4 Denpasar, juga dilakukan di SMPN 8 Denpasar. “Hari ini pak Gubernur akan melaunching vaksinasi anak usia 12 sampai 17 tahun,” kata Suarjaya.

Baca juga :  Cegah Pelemparan, Kumpulan Puing Batu Dijaga Petugas

Kepada para orangtua, dia mengajak untuk tidak cemas bila anaknya divaksin. Dia memastikan vaksinasi terhadap anak ini aman. Untuk anak, vaksin yang digunakan yakni jenis Sinovac dengan dosis 0,5 ml.

Pada tahap awal ini, Pemprov akan menyasar 600 anak di Kota Denpasar, ditambah jumlah anak yang divaksin di kabupaten/ kota. Setelah dilakukan pencanangan ini, vaksinasi terhadap anak akan dilakukan di seluruh fasilitas kesehatan milik pemerintah.

Baca juga :  Perempuan Bercadar Masuk Mapolda Bali, Densus 88 Turun Tangan

Di tingkat Provinsi, vaksinasi bagi dewasa dan anak akan tetap berlangsung di Wantilan DPRD Provinsi Bali, Denpasar. Di kabupaten/kota, layanan vaksinasi juga diharapkan membangun sentra-sentra vaksinasi.

“Harapan kita, kasus Covid-19 terhadap anak bisa kita cegah, dan kami harap terjadi penurunan kasus yang signifikan,” pungkasnya. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini