Terpilih Jadi Rektor Unud, Prof. Antara Catat Sejarah

Konsep Otomatis

Sumerta, DenPost

Prof. Dr Ir I Nyoman Gde Antara M Eng, (56) terpilih menjadi Rektor Universitas Udayana periode 2021-2025. Hasil voting dalam Pemilihan Rektor pada Selasa (6/7) kemarin membuktikan dia unggul dibanding dua calon rektor lainnya, dengan 81 suara.

Menangnya Prof. Antara dalam Pemilihan Rektor ini sekaligus mencatat sejarah, baru kali ini Rektor Unud datang dari Fakultas Teknik. Sebelumnya, posisi nomor satu di Unud diduduki oleh kalangan Fakultas Kedokteran.
Dia juga menjadi akademisi ketiga yang meraih kursi Rektor Unud di luar dari Fakultas Kedokteran Unud.

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unud, Prof I Gede Mahardika kepada media mengatakan, meski digelar secara online dan di situasi yang berbeda, namun pelaksanaan pemilihan rektor tahun ini berjalan lancar.

“Karena situasi PPKM darurat, kita tidak boleh berkumpul sehingga syarat dari kementerian, pemilihan dilakukan secara online. Astungkara tidak ada gangguan internet saat pemilihan rektor tadi. Sebelumnya kami perkirakan pemilihan berlangsung selama 3 jam, karena pertama kali kami mengadakan secara online,” ujarnya Rabu (7/7).

Baca juga :  Pria Sepuh yang Hendak Bobol Pura Tak Diproses Hukum

Tata cara pemilihan, kata Prof Gede Mahardika, dilakukan dengan sistem e-voting. Di mana, setiap anggota senat sudah memiliki akun masing-masing untuk memilih.

Pemilihan untuk pemilihan rektor yang dikemas seperti surat suara. Dari sana, anggota senat tinggal mengklik salah dari foto yang tertera di surat suara digital itu. Dalam pemilihan ini, masing-masing anggota senat hanya memiliki kesempatan satu kali untuk memilih. Setelah selesai memberikan hak suaranya, mereka tidak bisa lagi untuk memilih, karena tombol sudah terkunci.

Baca juga :  Pengurus ESI Kabupaten/Kota se-Bali Diminta Solid Cetak Atlet

Pemilihan ini dimulai mulai jam 10.00 WITA yang diawali dengan rapat senat yang dibuka oleh ketua senat. Dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib oleh ketua panitia dan presentasi dari masing-masing calon. Setelah itu, dilakukan penentuan absensi kehadiran anggota senat, penentuan suara menteri dan dilanjutkan dengan pemilu.

Calon no urut 1 atas nama Prof. Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B., Sp.OT(K) dari Fakultas Kedokteran meraih suara sebanyak 31 dan Nomor urut 3 Dr. I Wayan Budiasa, SP.,MP dari Fakultas Pertanian meraih sebanyak 10 suara.
Lebih lanjut kata Prof Gede Mahardika, semua proses pemilihan sudah berjalan dengan baik tanpa adanya kendala. Meski persiapan untuk sistem online dilakukan hanya 3 hari saja, karena adanya PPK Darurat. Melalui pemilihan secara online ini pihaknya menjamin pelaksanaan berjalan secara Jurdil serta kerahasiaan terjamin.

Baca juga :  Digitalisasi Diyakini Mampu Perbaiki Perekonomian Bali

Dihubungi pasca pemilihan Rektor, Prof. Antara menyampaikan terima kasih atas kepercayaan semua pihak yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk memimpin Unud. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini