Puluhan Ribu Usaha Mikro Sudah Ajukan Banpres BPUM

Konsep Otomatis
BUPM – Usaha warung menjadi salah satu sasaran dari Bantuan Produktif Usaha Mikro. Diharapkan lewat bantuan ini para pengusaha mikro bisa bertahan di masa pandemic dan mengembangkan usahanya.

Lumintang, DENPOST.id

Sebanyak 26.655 dari 30.000 lebih usaha usaha mikro yang ada di Kota Denpasar sampai Rabu (7/7/2021) ini sudah mengajukan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Usaha mikro yang lolos verifikasi di daerah maupun Pusat menerima bantuan Rp 1,2 juta.

”Pengajuan BPUM dikoordinir masing-masing desa/kelurahan agar tidak berdesak-desakan di kantor Diskop UMKM. Kalau permohonan sudah lengkap baru disampaikan ke kantor Diskop dan diverifikasi. Selanjutkan diserahkan ke Diskop UMKM Provinsi Bali untuk disampaikan ke Kemenkop UKM,’’ kata Kadis Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, Made Erwin Suryadarma Sena, Rabu (7/7/2021).

Baca juga :  Di Jalan Gatsu Barat Puluhan Pengendara Motor Terpaksa Putar Balik

Erwin Suryadarma menjelaskan, pengajuan Banpres BPMU dibuka hingga akhir Agustus 2021 mendatang. Mayarakat yang berhak mendapatkan bantuan BUPM adalah masyarakat yang memiliki warung, seperti pedagang canang, laundry dan warung. Banpres BPUM diprioritaskan yang tidak mendapat bantuan presiden tahun 2020 sebesar Rp 2,4 juta. Namun bantuan yang diterima usaha mikro tidak seperti tahun lalu. Sekarang usaha mikro hanya menerima Rp 1,2 juta. ”Antusias pelaku usaha mikro mengajukan bantuan BPUM sangat tinggi. Dari 30 ribu lebih usaha mikro yang ada, sudah 97 persen mengajukan bantuan,’’ katanya.

Syarat pengajuan bantuan WNI, lanjutnya, memiliki KTP elektronik dan memiliki usaha mikro sesuai alamat di KTP Denpasar untuk mempermudah mencari surat izin dari lingkungan. Usaha mikro tidak boleh menerima kredit usaha rakyat (KUR). “Usaha mikro harus sesuai alamat KTP dan KK Denpasar. Kalau ada buka usaha di Denpasar, tapi alamat KTP dan KK di luar tidak boleh mengajukan bantuan.

Baca juga :  BPBD Sebut 153 Desa di Bali Rawan Tsunami

Ni Ketut Suminten, salah seorang pemilik warung sembako di Jalan Wiajaya Kusuma, Denpasar berharap besar bisa mendapatkan BPUM ini. Dia mengaku sudah mengurus segala persyaratannya sejak jauh-jauh hari. “Semoga bisa dapat. Permohonannya sudah saya ajukan,” katanya, beberapa waktu lalu. (103)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini