Ini Penyebab Suhu Udara di Bali Terasa Lebih Dingin

picsart 07 08 08.58.27
INFO CUACA - Peta informasi cuaca di wilayah Bali.

Kuta, DENPOST.id

Belakangan ini, suhu udara dingin kerap kali dirasakan masyarakat di Bali. Meski masuk musim kemarau, hujan dengan kategori sedang juga sempat terjadi beberapa kali.

Diminta komentarnya akan hal ini, Koordinator Bidang Pengumpulan dan Penyebaran Data BBMKG Wilayah III Denpasar, Dwi Hartanto, Kamis (8/7/2021) mengatakan hawa dingin terjadi akibat posisi matahari yang saat ini berada di bagian selatan bumi. Dampaknya wilayah atau daerah yang berada di wilayah khatulistiwa cenderung mengalami pengurangan cahaya matahari. Kondisi inilah yang menyebabkan suhu panas juga mulai berkurang.

Baca juga :  Satu Positif di Desa Ayunan, Sekeluarga Di-swab Massal

Bukan itu saja, awan-awan konvektif yang terbentuk di wilayah Bali juga berkurang, sehingga panas dari energi radiasi matahari tidak tertangkap oleh awan. “Hal inilah yang membuat suhu menjadi lebih dingin. Suhu dingin ini biasanya terjadi dari Juli sampai Agustus, utamanya saat dini hari. Nanti ketika matahari bergerak ke utara, maka suhu akan lebih hangat,” ungkapnya.

Berdasarkan pengamatan BBMKG wilayah III Denpasar melalui empat stasiun pengamatan wilayah Bali, yakni stasiun Ngurah Rai (Badung), Sanglah (Denpasar), Kahang-kahang (Karangasem), dan Negara (Jembrana), suhu minimum wilayah Bali terjadi pada 6 Juli 2021, mencapai 20 drajat celcius. Penurunan suhu pada Juli ini, terjadi di wilayah Jawa, Bali, NTB dan NTT dipicu oleh tutupan awan yang tidak signifikan. (113)

Baca juga :  Domestik Menggeliat, Internasional Belum Beranjak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini