Membandel, WNA Pelanggar PPKM Darurat Terancam Dideportasi

picsart 07 09 09.38.10
WNA - Petugas mengingatkan agar warga negara asing (WNA) menaati aturan PPKM darurat yang saat ini sedang dilaksanakan.

Sumerta, DENPOST.id

Belasan Warga Negara Asing (WNA) di kawasan Pantai Batu Bolong, Canggu, Badung disidak Tim Yustisi Kabupaten Badung, Kamis (8/7/2021).
Petugas terdiri dari unsur Kodim 1611/ Badung, Satpol PP Badung, Polres Badung, Kementerian Hukum dan HAM Bali, Satpol PP Bali, Dinas Perhubungan, dan pecalang setempat. Petugas menyasar lokasi ini karena mendapat informasi bahwa banyak WNA yang membandel tak menaati protokol kesehatan dan PPKM darurat.

Dari kegiatan Operasi Yustisi PPKM terdapat 17 pelanggaran, yaitu tiga Warga Negara Indonesia (WNI) dan 14 WNA.

Menanggapi hal tersebut, Kakanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, yang didampingi Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai, I Nyoman Gede Surya Mataram, mengatakan, sanksi tegas berupa deportasi akan diberikan bagi WNA yang melanggar prokes selama pemberlakuan PPKM Darurat ini dilaksanakan di Bali.

Pihaknya juga mengatakan, hal ini dilakukan guna memberikan efek jera bagi para WNA yang melanggar disiplin prokes selama di Bali, sehingga dapat menjadi contoh juga bagi WNA lainnya agar selalu disiplin mengikuti regulasi yang berlaku di negara ini.

Baca juga :  Agustus, Penumpang Via Bandara Meningkat

Sementara itu, Dansub Satgas Kodim 1611/Badung, Kolonel Inf I Made Alit Yudana, menjelaskan, kegiatan kali ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan PPKM Darurat di wilayah Badung.
Berdasarkan hasil laporan yang ada, di wilayah Batu Bolong ini masih banyak ditemukan WNA yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan selama pelaksanaan PPKM Darurat diberlakukan di Bali.

Berdasarkan hasil laporan tersebut, pihaknya turut serta mengajak Kemenkumham Bali dan Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Ngurah Rai dalam razia yang digelar kali ini, sebagai salah satu upaya untuk memberikan efek jera bagi para WNA yang masih melanggar prokes di masa pelaksanaan PPKM Darurat di Bali.

Baca juga :  Beraksi di Belasan TKP, Pencuri Motor Diciduk

“Ini kan sudah banyak laporan juga ke saya, bahwa WNA di Canggu ini masih banyak yang melanggar. Maka dari itu, atas perintah dari Pangdam dan Danrem kepada saya, diminta untuk mengadakan kegiatan ini,” ungkap Dandim Made Alit.

Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan hasil rapat dengan Gubernur Bali, Wayan Koster, yang meminta jajarannya untuk dapat melakukan pendisiplinan yang ketat di wilayah Canggu ini, sehingga penerapan PPKM Darurat dapat berjalan dengan semestinya.

Baca juga :  Polres Badung Siapkan Aplikasi Perubahan Perilaku

“Kita sebenarnya targetnya kepada masyarakat, WNI maupun WNA yang beraktivitas di luar tempat tinggalnya yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Kita juga lakukan patroli di sepanjang pantai dan di jalan-jalan, guna mencari masyarakat yang masih melanggar disiplin prokes untuk kami tindak tegas secara langsung,” jelasnya. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini