Dirjen Bimas Hindu Luncurkan Lomba Dharma Wacana dan Konten Tiktok

Dirjen Bimas Hindu Luncurkan Lomba Dharma Wacana dan Konten Tiktok
Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto

Jakarta,, DENPOST.id

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI, Tri Handoko Seto, meluncurkan Lomba Dharma Wacana Nasional dan Konten Tiktok Arjuna Digital IV 2021, Selasa (15/6/2021) malam lalu secara virtual. Dalam sambutannya, Tri Handoko Seto menekankan pentingnya mendorong kreativitas anak muda Hindu untuk mengisi konten konten kreatif di dunia maya.

Menurutnya, kegaduhan di dunia maya sangat sulit dihilangkan, tetapi keberadaan konten-konten yang positif  akan menjadi penguat dalam literasi. Karenanya anak muda yang kreatif harus terus difasilitasi untuk terus berkarya. “Bukan hanya literasi keagamaan, tetapi juga kebangsaan. Karena Dharma agama dan Dharma Negara merupakan satu tarikan nafas. Ini akan menjadi kebanggaan dan rasa percaya diri bahwa kita memiliki potensi anak-anak muda yang luar biasa, yang mampu berkarya di era digital ini,” kata Tri Handoko.

Baca juga :  Demo Pendukung Jerinx Dibubarkan, Korlapnya Ditangkap

Sementara itu, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dalam sambutannya mengajak setiap umat Hindu menjunjung nilai-nilai Hindu, menghindari hoaks dan ujaran kebencian di sosial media. Wisnu menyatakan mendukung penuh lomba ini dan berharap semakin banyak konten-konten bermanfaat yang diproduksi oleh umat Hindu. “Kami mendukung anak-anak muda yang cerdas dan menjadi Pandawa lima. Juga harus terbangun  Arjuna yang cerdas, cerdik cendekia, namun arif dan bijaksana. Jangan ribut di medsos, mari kita kuat bersatu,” ajaknya.

Menurut Ketua Panitia, Ni Kadek Surpi Aryadharma, Lomba Dharma Wacana Nasional dan Konten TikTok Arjuna Digital IV 2021 bertujuan membangun, memberikan semangat dan mendukung para content creator Hindu, untuk berkarya lebih baik dalam membantu upaya siar Hindu dan semangat moderasi beragama. “Harapan dari panitia, kegiatan ini diikuti secara massif oleh anak muda Hindu, yang tanpa sekat dan tanpa jarak. Siapa saja dapat ikut dari tempat yang jauh, Pulau Kei misalnya, Toraja, Sidrap dan Wajo” ujar Dosen UHN I Gusti Bagus Sugriwa ini.

Baca juga :  Sukseskan Vaksinasi di Kepulauan Maluku, BRI Kerahkan Teras BRI Kapal

Lomba yang merupakan karya bersama Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI, Paiketan Krama Bali, Perhimpunan Pemuda Hindu Dharma Indonesia (Peradah), Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI), memperebutkan total hadiah Rp 100.000.000. Panitia menargetkan ada  seribu konten yang mengikuti lomba ini.

Bagi anak muda Hindu yang ingin berpartisipasi dalam lomba ini, dapat mendaftar melalui link :  https://bit.ly/DaftarLAD2021. Untuk ketentuan lomba bisa dilihat di Istagram @bimashinduri. (a/111)

Baca juga :  Ini Ancaman Hukuman untuk Anggota Geng Dongki

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini