Doakan Pandemi Berakhir, Pemkab Jembrana Mulang Pakelem di Pura Pegubugan

Doakan Pandemi Berakhir, Pemkab Jembrana Mulang Pakelem di Pura Pegubugan
MULANG PAKELEM - Mulang pakelem dilaksanakan Pemkab Jembrana di Pura Pegubugan yang berlokasi di tengah hutan wilayah Desa Manistutu, Kecamatan Melaya.

Negara, DENPOST.id

Jalur niskala berupa mulang pakelem ditempuh Pemkab Jembrana agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Langkah ini untuk mengimbangi jalur sekala (penerapan PPKM darurat, edukasi prokes dan vaksinasi) yang sudah dilaksanalan Satgas Covid-19 selama ini.

Sebelumnya  persembahyangan dan mulang pakelem sudah pernah dilakukan Pemkab Jembrana di Pura Segara Pengambengan. Senin (12/7/2021), upacara serupa dilaksanakan di Pura Pagubugan yang berlokasi di tengah hutan wilayah Desa Manistutu, Kecamatan Melaya.

Baca juga :  Pemuda Dauhwaru Peringati HUT RI di Rumah Pahlawan Dwinda

Persembahyangan digelar terbatas  dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat di tengah pelaksanaan PPKM Darurat.

Upacara ini dihadiri Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Pj. Sekda Jembrana, I Made Budiasa; Asisten II I Gusti Ngurah Sumber Wijaya dan Staf Ahli I Komang Wiasa.

Tamba mengatakan, persembahyangan dan mulang pakelem di Pura Pagubugan ini merupakan lanjutan dari rangkaian dari upacara sebelumnya yang sudah dilaksanakan di Pura Segara Pengambengan pada Minggu (11/7/2021) lalu.

Baca juga :  Vaksin Warga Sasar Banjar Pesinggahan

“Kemarin sudah di Pura Segara Pengambengan. Lanjut hari ini, Senin (12/7) di Pura Pagubugan,sekaligus nyegara gunung ( di pantai dan di gunung),” kata Tamba.

Dikatakan Tamba, upacara ini mendoakan agar pandemi Covid-19 segera berakhir. ” Upaya secara sekala dan niskala sudah dilakukan. Bersama kita mendoakan  agar pandemi Covid-19 segera berakhir,“ katanya.

Sementara untuk sarana persembahyangan menggunakan banten suci asoroh  dan mulang pekelem berupa bebek dan ayam hitam.

Baca juga :  Uji Cepat, Ratusan KPPS di Jembrana Reaktif

Usai persembahyangan tidak lupa ia mengajak seluruh masyarakat Jembrana mendoakan  agar gering agung (pandemi Covid-19) ini segera sirna dari muka bumi dan aktivitas kehidupan normal kembali. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini